Quantcast
Ears In HeavenNews

Pono: Pemutar Musik Digital Hi-Res 196kHz Tandingan iPod

Gemas dengan kualitas audio yang dihasilkan MP3, Neil Young yang merupakan penyanyi rock legendaris era 1960-an akhirnya memutuskan untuk mengembangkan sendiri pemutar musik digital. Perangkat portabel yang dirilis dengan merek Pono itu dapat memutar musik berformat FLAC (Free Lossless Audio Codec) yang frekuensinya mencapai 196kHz/24-bit.

Kualitas suara yang keluar dari perangkat ini tentunya akan lebih bagus daripada MP3 yang frekuensi maksimalnya 44,1kHz/16-bit. Supaya pengguna bisa mendapatkan file musik dengan format terbaik, Pono nantinya akan menyediakan pula layanan pembelian musik online melalui laman resminya.

pono music1

Pono dikembangkan dengan ide bahwa suara musisi yang direkam akan dimainkan lagi di perangkat pemutar musik tanpa manipulasi. Berbekal kualitas audio yang bagus, Neil berharap detail petikan gitar atau suara perkusi bisa direproduksi dengan baik sesuai hasil yang diinginkan sang artis saat merekam lagu di studio.

pono music3

Desain unik

Proyek yang didukung oleh puluhan artis dan musisi terkenal mancanegara seperti Foo Fighters, Willie Nelson, Patti Smith, Arcade Fire, Beck, Dave Mathews Band, Norah Jones, Lenny Kravitz, Pearl Jam, My Morning Jacket, dan James Taylor ini datang dengan bentuk segitiga yang sangat berbeda dengan pemutar musik portabel lain seperti iPod atau Zune yang berbentuk persegi pipih.

Pemutar musik ini juga sangat mudah digunakan, Pono hanya memiliki tombol kendali volume dan daya, port miniUSB, jack audio 3,5 milimeter untuk headphone dan jack audio 3,5 milimeter untuk disambungkan dengan perangkat lain seperti amplifier atau sound system mobil.

pono music3

Harga

Neil yang memulai proyek Pono sejak tahun 2012 itu sekarang menggunakan jalur Kickstarter untuk mendanai pembuatan pemutar musik portabel ini secara massal. Perangkat yang membutuhkan dana US$800 ribu atau sekitar Rp900 juta ini telah melampaui target yang diharapkan, bahkan dengan waktu yang tersisa 33 hari lagi proyek ini telah mengumpulkan dana US$2.493.412 atau sekitar Rp28 miliar.

Pono rencananya dijual dengan harga US$399 atau sekitar Rp4,5 juta dan akan mulai dikirimkan kepada pemesan yang mendukung proyek Kickstarter pada bulan Oktober 2014. Tertarik memiliki Pono? Informasi lebih lengkap dapat Anda temukan pada laman resmi Kickstarter Pono.

Back to top button