Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

[CP+ 2014] Canon PowerShot G1 X Mark II, Hadirkan Sensor & Lensa Baru

Mencoba mengulang kesuksesan PowerShot G1 X yang dirilis 2 tahun silam, Canon kini menghadirkan Canon PowerShot G1 X Mark II yang hadir dengan segudang fitur dan teknologi baru.

canon G1X II-1

Sama seperti pendahulunya Canon PowerShot G1 X Mark II datang dengan sensor CMOS berukuran besar, yakni 1,5 inci. Itu berarti ukuran fisik sensornya sekitar 4,5x lebih besar dibandingkan sensor kamera saku lain yang rata-rata berukuran 1/1,7 inci. Bahkan ukuran fisik sensornya ini tidak berbeda jauh dengan sensor kamera DSLR.

Perubahan di sektor autofocus dan layar
Dengan Canon PowerShot G1 X Mark II, Anda kini dapat menghasilkan foto resolusi tinggi hingga mencapai 12,8 megapixel dan video pada resolusi Full HD. Opsi ISO yang dimilikinya tersedia hingga ISO 12800 dan telah mendapat dukungan teknologi prosesor Canon DIGIC 6 dan HS System untuk performa autofocus yang lebih cepat dengan hasil foto yang tajam dan detail di segala kondisi pencahayaan.

Sektor autofocus juga tidak luput dari peningkatan. Canon PowerShot G1 X Mark II kini dilengkapi 31 titik autofocus, lebih banyak dibandingkan Canon PowerShot G1 X yang hanya 9 titik. Kemasan bodinya juga diperkecil dan tidak akan ditemukan lagi lubang intip untuk membantu membidik foto. Tapi untunglah, Canon masih tetap mempertahankan layar bergaya fleksibel pada kamera ini.

Layar Canon PowerShot G1 X Mark II hanya bisa dilipat 180 derajat ke atas dan 45 derajat ke bawah. Jadi fleksibilitas layarnya masih di bawah G1X, tapi setidaknya kini sudah berupa layar sentuh dan lebih tajam dengan kerapatan pixel lebih tinggi. Peningkatan lain terletak pada konektivitas. Kamera prosumer ini juga telah dilengkapi koneksi Wi-Fi serta menjadi kamera pertama Canon G-series yang memiliki fitur NFC.

Lensa baru
Bagian lensanya juga diperbarui. Canon PowerShot G1 X Mark II membawa lensa 24mm berkemampuan optical zoom 5x yang memiliki bukaan diafragma terbesar F/2.0. Satu lagi keunikannya, lensa tersebut memiliki dua buah cincin putar. Satu cincin putar untuk pengaturan fungsi kamera dan satu lagi berguna untuk melakukan fokus secara manual. Kehadiran 2 cincin putar tersebut nampaknya juga menjadi solusi karena Canon telah meniadakan 2 buah tombol putar yang digunakan oleh Canon G1 X.

Canon PowerShot G1 X Mark II rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan April 2014 dengan harga US$799 atau Rp9,6 juta. Hingga saat ini belum ada info kapan kamera akan tersedia di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Canon PowerShot G1 X Mark II
Sensor; CMOS APS-C 12.8 megapixel (1.5-inci)
Prosesor; Canon DIGIC 6
ISO; Auto, 100-12800
Autofokus; Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layar; Layar sentuh putar 3 inci 1.040.000 titik.
Video;1920 x 1080 (30p), 1280 x 720 (30p), 640 x 480 (30 fps)
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC
Konektivitas; USB, HDMI, WiFi, NFC
Dimensi;116 x 74 x 66 mm
Bobot;553 gram
[/table]
Back to top button