Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review BlackBerry Z30

Tak bisa dimungkiri, kemunculan aplikasi BBM lintasplatform menjadi salah satu pemicu beralihnya sejumlah pengguna BlackBerry ke smartphone berbasis Android atau iOS. Tapi ini bukan berarti BlackBerry harus menyerah bersaing dengan para kompetitornya. Ini terbukti dengan munculnya BlackBerry Z30, phablet pertama milik BlackBerry.

Konsep Desain

BlackBerry Z30 mengusung garis desain yang mirip dengan Z10. Phablet berlayar 5 inci ini hadir dengan tampilan yang premium. Desain bodinya sangat solid dan memiliki bobot yang lumayan berat. Walau begitu, BlackBerry Z30 nyatanya sangat nyaman digenggam dan masih mudah jika dinavigasikan dengan satu tangan. Z30 hadir dengan layar berteknologi Super AMOLED dengan resolusi 1.280 x 720 pixel. Meski belum beresolusi Full HD seperti smartphone premium sekelasnya, layar Z30 masih mampu menyajikan tampilan yang tajam dengan warna relatif akurat berkat tingkat kerapatan pixel yang cukup tinggi, yakni 295ppi.

Blacberry-Z30-1

BlackBerry Z30 hadir dengan menganut konsep unibody yang artinya Anda tidak akan bisa melepas pasang baterainya. Tapi, penutup belakangnya yang bermotif karbon bisa dilepas pasang guna memasang kartu SIM atau kartu memori SD yang bersembunyi di panel belakangnya.

Blacberry-Z30-5

Sama seperti BlackBerry Z10, tidak banyak tombol yang bisa ditemukan di bodinya. Bagian atasnya hanya terdapat tombol power dan port audio jack 3,5 milimeter. Bagian kanan bodi terdapat tombol volume dan bagian kiri bodi hanya tersedia port micro USB dan micro HDMI.

Antarmuka

Biarpun Z30 hadir dengan BlackBerry OS 10 terbaru, yaitu BlackBerry 10.2, tidak terasa banyak perubahan pada sisi antarmukanya. Navigasi tetap dengan kendali gesture sapuan layar. Sapu layarnya ke atas untuk membuka kunci layar atau ke luar dari aplikasi yang sedang Anda buka. Antarmuka awal akan menyambut Anda dengan halaman berisi tab aplikasi yang sedang dijalankan. Jika sapuan layar diarahkan ke kiri, Anda akan menemukan seluruh aplikasi yang ada di BlackBerry Z30. Sementara sapuan layar ke kanan akan menyambut Anda dengan tampilan BlackBerry Hub yang berisi kumpulan pesan SMS, BBM, dan email. BlackBerry Hub kini juga hadir dengan Priority Hub yang bisa diatur untuk menampilkan pesan-pesan penting Anda yang menjadi prioritas.

Untuk memudahkan Anda membaca pesan, OS terbaru yang dipasang pada Z30 mendukung pemberian icon notifikasi pesan saat layar pada posisi terkunci. Begitu ada pesan masuk, Anda akan langsung melihat preview pesan tersebut tanpa harus membuka layarnya. Jika Anda sedang membuka aplikasi lalu kemudian ada SMS atau BBM masuk, pop up pesan tersebut akan muncul dan Anda bisa langsung membalasnya tanpa harus menutup aplikasi yang sedang dijalankan. Sangat membantu, bukan?

Performa

Bicara kinerja, BlackBerry Z30 bisa dibilang memiliki performa yang cukup buas. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor dual-core Qualcomm S4 Pro yang berlari pada kecepatan 1,7GHz dengan dukungan chip grafis dari Adreno 320. Besaran RAM yang dimilikinya 2GB, sementara kapasitas ruang penyimpanan internalnya 16GB. Dengan spesifikasi tersebut, BlackBerry Z30 sanggup melahap tugas berat dengan sangat baik. Membuka 6 aplikasi sekaligus tidak membuat performanya menurun, berselancar di internet dengan membuka 10 tab pun sama sekali tidak terasa lag. Gemar main game? Game sekelas Real Racing 3 bisa dijalankan dengan sangat mulus di BlackBerry Z30. Sayangnya, spesifikasi Z30 ini memang terasa cukup sia-sia mengingat belum banyaknya aplikasi yang tersedia di BlackBerry AppWorld.

Kamera

Selain performa yang mengagumkan, Z30 juga mempunyai kamera utama dan depan yang hasilnya memuaskan. Kamera utamanya memiliki resolusi 8 megapixel dengan lensa berdiafragma F/2.2 dan kamera depan beresolusi 2 megapixel. Hasil fotonya tajam dengan tone warna yang akurat, baik pada pemotretan di dalam maupun luar ruangan. Sama seperti kamera BlackBerry Z10 dan Q10, Anda juga bisa menemukan fitur Time Scape dengan opsi pengaturan kamera yang tergolong standar. Opsi pengaturan kameranya hanya terdiri dari mode Shooting yang menyediakan pilihan Normal, Stabilization, Burst, dan HDR. Kemudian hadir opsi Scene yang terdiri dari Auto, Action, Whiteboard, Night, Beach, dan Snow. Satu hal yang menarik, Anda kini dapat menemukan opsi rasio aspek 1:1 untuk menghasilkan foto ala Instagram.

Hasil Fotonya

Multimedia

Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik, BlackBerry Z30 dilengkapi dengan speaker yang amat baik. Saya cukup terpukau dengan kualitas suara yang dihasilkan karena memang di atas rata-rata smartphone sekelasnya. BlackBerry juga telah melengkapinya dengan fitur Headphone Audio Boost yang akan secara otomatis mendongkrak performa suaranya menjadi lebih bertenaga saat menggunakan headphone. Sayang, fitur Headphone Audio Boost tersebut tidak dilengkapi dengan opsi EO yang seharusnya bisa menjadi pelengkap aplikasi pemutar musik miliknya. Untuk mendukung file multimedia, Z30 bisa digunakan memutar file audio berformat MP3, file lagu tanpa kompresi format FLAC, dan memutar file video HD berformat MP4 dengan mulus.

Satu catatan yang menarik, kehadiran port micro HDMI pada BlackBerry Z30 juga berguna bila Anda sering melakukan presentasi. Jika layar monitor atau TV LCD yang dimiliki telah mendukung teknologi Wireless Display dari Miracast, Anda dapat menghubungkannya ke Z30 lewat koneksi Wireless untuk berbagi layar dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian, Z30 memang bisa dikatakan sebagai smartphone BlackBerry terbaik yang ada saat ini. Performanya yang sangat kencang, kamera dan performa suara speaker yang amat baik, serta kemampuan multimedia yang mumpuni berhasil menutupi kekurangannya di sektor aplikasi yang masih tergolong minim.

Dengan kemasan desain premium dan performanya yang oke, Z30 tentu bisa membangkitkan gairah siapa saja untuk kembali menggunakan BlackBerry. Apabila Anda tidak memusingkan aplikasi dan menginginkan smartphone canggih yang tidak pasaran, BlackBerry Z30 merupakan pilihan tepat dan sepadan dengan harganya yang dibanderol sebesar Rp7,9 juta.

Yangcanggih
(+) Desain Premium
(+) Hasil foto tajam
(+) Performa kencang dan stabil
(+) Tampilan layar sangat baik
(+) Kualitas speaker oke

Yang Kurang
(-) Bobot lumayan berat
(-) Aplikasi masih tergolong sedikit
(-) Harga cukup premium

[table th=”0″]Spesifikasi;BlackBerry Z30
Prosesor;Snapdragon S4 Pro 1,7GHz dual-core dan GPU Adreno 320
RAM;2GB
Layar;”5 inci Super AMOLED 1280 x 720 pixel (295 ppi)”
Memori;Internal 16GB + microSD slot (mencapai 64GB)
Koneksi Data;HSDPA, HSUPA, Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth 4.0, NFC
Kamera; Belakang 8 megapixel dengan autofocus dan LED Flash, Depan 2 megapixel
Baterai; Lithium-Ion 2880 mAh
Dimensi;”140,7 x 72 x 9,4 mm”
[/table]
Back to top button