Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Fujifilm X-T1: Mirrorless dengan Viewfinder Elektronik Tercepat di Dunia

Fujifilm kembali menghadirkan kamera mirrorless modern berdesain retro. Kali ini, Fujifilm XT-1, hadir dengan desain bergaya kamera DSLR lawas yang klasik.

fujifilm-xt1-3

Bodinya hadir dengan bahan magnesium alloy yang menawarkan fitur tahan cuaca. Dari sisi desain, bodinya terlihat lebih nyaman dibandingkan X-E2 atau X-Pro1.Kamera ini anti cipratan air dan debu serta mampu bertahan di kondisi ekstrim hingga -25° Celcius. Sebagai tambahan, layar fleksibelnya yang berukuran 3-inci ini juga telah dilapisi dengan lapisan kaca yang berguna sebagai pelindung.

Sama seperti Nikon Df, X-T1 mengandalkan beberapa tombol putar untuk melakukan pengaturan. Ini membuatnya mirip seperti kamera analog profesional beberapa dekade silam. Di bagian atas bodinya tersedia 3 buah tombol putar terpisah yang terdiri dari tombol putar untuk mengatur kompensasi eksposur, ISO, dan kecepatan rana kamera.

fujfifilm-XT-1

Fujifilm XT-1 masih berbagi spesifikasi dengan Fujifilm X-E2 dengan adanya sensor APS-C X-Trans CMOS II dan prosesor EXR II untuk menghasilkan foto pada resolusi maksimum 16 megapixel dan dapat merekam video pada resolusi Full HD 1080p. Dengan spesfikasi tersebut, Fujifilm XT-1 menjanjikan performa yang lebih cepat di segala sektor. Untuk waktu startupnya sekitar 0,5 detik, jarak waktu menghasilkan foto satu ke foto berikutnya sekitar 0,5 detik, dan waktu shutter lag yang sangat cepat sekitar 0,05 detik.

Sistem fokusnya pun diklaim menjadi yang tercepat di dunia dengan kecepatan autofocus sekitar 0,08 detik. Pencapaian fokus yang cepat ini berkat paduan teknologi phase detection dan motion predictive autofocus. Sistem fokus ini juga memungkinkan Fujifilm XT-1 dapat mengambil foto secara continuous hingga 8 foto per detik.

Fujifilm-XT-4

Tidak berhenti di situ saja, kecanggihan XT-1 kemudian terlihat pada sektor lubang intip elektroniknya. Dari segi spesifikasi, viewfinder elektroniknya ini sama persis seperti yang ada di Fujifilm XE-2, yaitiu dengan teknologi OLED dan tingkat kerapatan pixel mencapai 2,36 juta titik. Bedanya, tingkat pembesarannya mencapai 0.77x, tertinggi di antara kamera DSLR lain yang ada saat ini. Selain itu, lubang intip X-T1 ini merupakan yang tercepat di dunia, dengan tampilan yang amat halus dan nyaris tidak ada lag.

Keistimewaan lubang intipnya berlanjut dengan adanya 4 mode tampilan yang bisa dipilih. Untuk kondisi pemotretan umum, Anda bisa memilih mode Full yang memaksimalkan rasio pembesaran hingga mencapai 0.77x atau mode Normal yang akan menampilkan informasi pengaturan kamera.

Sementara untuk kebutuhan khusus, seperti makro, hadir mode Dual yang khusus dirancang untuk mode manual fokus. Pada mode dual ini, tampilan viewfinder elektroniknya akan terbagi dua dengan tampilan kotak biasa dan area manual focus di sisi kanan. Dan terakhir ada mode Portrait yang merupakan gabungan antara mode Normal dan Full. Pada mode portrait ini, ketika Anda memutar kamera di posisi vertikal, seluruh tampilan info pengaturan kamera akan secara otomatis ikut berubah ke posisi vertikal.

Tambahan lainnya, Fujifilm XT-1 telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi terintegrasi untuk terhubung ke smartphone atau tablet PC. Anda juga dapat melengkapinya dengan aksesori vertical grip, yaitu VG-XT1.

fujifilm-XT-2

Selain bodi baru, Fujifilm juga mengumumkan kehadiran 3 lensa baru yang juga tahan cuaca. Ketiga lensa tersebut adalah; Fujifilm XF18-135mm F3.5-5.6 R OIS WR, XF16-55mm F2.8 R OIS WR dan XF50-140mm F2.8 R OIS WR. Dilihat dari spesifikasinya, ketiga lensa ini akan ada di atas lensa zoom yang sudah tersedia saat ini.

Fujifilm XT-1 akan dijual dengan harga US$1299.95 untuk bodi saja dan US$1699.95 sepaket dengan lensa kit XF18-55mm F2.8-4. Di Indonesia sendiri kami ramalkan kamera ini sudah dapat dibeli di pertengahan Maret 2014.

[table th=”0″]” “;Fujifilm XT-1
Sensor; APS-C X-Trans II CMOS EXR 16 megapixel
Prosesor;EXR II
ISO;100-25600
Autofocus; Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-poin, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Layar; Fleksibel 3 inci dengan resolusi 1.040.000 titik.
Viewfinder; OLED, 2.360.000 titik, Perbesaran 0.77x
Continuous Shoot; 8fps
Video; 1920 x 1080 (30, 60p), 1280 x 720 (30p, 60p)
Kartu Memori;SD / SDHC / SDXC (UHS-II)
Konektivitas; USB, HDMI, WiFi
Dimensi;129 x 90 x 47 mm
Bobot;440 gram
[/table]
Back to top button