Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Google Ciptakan Lensa Kontak Pintar Pengukur Kadar Glukosa

Contact lens atau lensa kontak selama ini hanya dikenal sebagai alat bantu melihat pengganti kacamata. Namun rupanya fungsi dasar tersebut akan diperluas oleh Google. Lensa kontak terbaru ciptaan Google ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengukur kadar glukosa. Alhasil, penggunanya dapat mengetahui tingkat kadar gula dalam darah dengan lebih cepat.

Contact Lens

Lensa kontak pintar yang dapat mengukur kadar glukosa itu diciptakan oleh Divisi Google X yang bertanggung jawab pada pengembangan konsep dan proyek yang tidak berhubungan dengan kompetensi inti Google. Berbekal sebuah chip wireless kecil dan sensor, lensa kontak akan mendeteksi kadar glukosa melalui air mata. Sayang, Google belum akan merilis produk ini untuk masyarakat umum dalam waktu dekat.

Menurut pihak Google, mereka juga berencana memasang lampu LED yang dapat menginformasikan apakah kadar glukosa pengguna termasuk tinggi atau rendah. Informasi tersebut diperkirakan akan ditampilkan pada perangkat eksternal seperti komputer atau smartphone. Saat ini, Google juga sedang mendiskusikan rencana komersialisasi contact lens dengan badan FDA (Food and Drug Administration )Amerika Serikat. Anda tertarik?

Back to top button