Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

[CES 2014] MakerBot Luncurkan Tiga Printer 3D dengan Ukuran Berbeda

MakerBot mengumumkan tiga printer 3D barunya yang masuk dalam lini MakerBot Replicator generasi kelimanya. Tiga printer yang terdiri dari MakerBot Replicator Mini, Replicator, dan Z18 itu didesain bagi pemula sampai profesional. Persamaan ketiganya terletak pada fitur Smart Extruder, LCD control panel, dan konektivitas Wi-Fi. Berkat kehadiran Wi-Fi di dalam ketiga printer baru dari MakerBot itu, pengguna bisa mencetak langsung dari aplikasi MakerBot yang terdapat di smartphone atau desktop.

Replicator-Mini

Replicator Mini

Replicator Mini merupakan printer 3 dimensi yang mengusung konsep plug and play sehingga mudah digunakan. Pengoperasiannya dapat dilakukan dengan menggunakan satu tombol. Printer dapat mencetak benda seukuran cupcake pada resolusi 200 micron. Alhasil, benda yang dicetak akan mirip seperti obyek aslinya.

MakerBot Replicator Mini ini akan dipasarkan pada musim semi 2014 dengan harga paling murah ketimbang dua model lainnya, yaitu US$1.375.

Replicator (2014)

Replicator

Untuk Replicator yang dirilis pada 2014, MakerBot memasang ukuran yang sama seperti pendahulunya, Replicator 2. Bedanya, printer dirancang lebih bertenaga serta didukung fitur-fitur yang lebih intuitif. Kombinasi Smart Extruder dan Wi-Fi pada printer 3 dimensi ini berguna untuk memudahkan proses pencetakan dan perawatan mesin. Printer bisa mencetak benda pada resolusi 100 micron.

Printer dilengkapi layar LCD berukuran 3,5 inci dan sebuah roda selector yang membantu proses pencetakan. Replicator baru ini ditawarkan dengan harga US$2.899 dan mulai didistribusikan dalam waktu beberapa minggu ke depan.

Replicator Z18

Replicator Z18

Dibandingkan dua model lainnya, Replicator Z18 datang dengan bentuk paling besar karena didesain untuk mencetak barang berukuran maksimal 12x12x18 inci. Selain dapat mencetak benda berukuran besar, Z18 juga bisa digunakan untuk mencetak dua printer sekaligus. Melihat ukurannya yang besar, Z18 merupakan printer yang ideal untuk memenuhi kebutuhan industri.

Seperti Replicator, Z18 bisa mencetak dengan resolusi 100 micron. MakerBot Replicator Z18 rencananya akan dipasarkan pada musim semi tahun ini dengan harga US$6.499.

Back to top button