Quantcast
KomputerLaptopNewsPC DesktopUltraportable

8 Hal Baru di Apple OS X Mavericks

Jika sistem operasi Apple sebelumnya selalu menggunakan nama dari famili kucing besar, kali ini Apple nampaknya mulai bosan dan melabeli OS terbarunya dengan sebutan OS X Mavericks.

OS X Mavericks-1

Walau tidak banyak perubahan dari OS X Mountain Lion sebelumnya, namun OS X Mavericks diklaim mampu melakukan penghematan penggunaan baterai di perangkat laptop milik Apple. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh OS X Mavericks? Simak ulasannya berikut ini.

calender-1

1. Tampilan Visual
OS X Mavericks hadir dengan segudang tampilan visual yang ditingkatkan. Antarmukanya masih mirip dengan Mountain Lion. Perubahan yang terlihat adalah pada bagian dock yang kini hadir dengan tampilan smoked glass transparan dan aplikasi Calender juga hadir dengan wajah baru dengan antarmuka yang lebih nyaman digunakan.

safari-shared link

2. Safari
Sentuhan peningkatan juga terjadi pada browser Safari. Visualnya cukup terlihat mirip dengan broswer Chrome dari Google. ketika membuka banyak tab, setiap tab yang Anda buka ditampilkan dengan kumpulan jendela tab yang lebih kecil. Safari kini juga ditambahkan dengan fitur Shared Links. Fitur ini dapat menampilkan langsung link yang ada di akun jejaring sosial. Contohnya, Anda kini dapat melihat langsung link yang dibagikan oleh teman yang Anda follow di Twitter tanpa harus melakukan klik pada link tersebut untuk membukanya.

icloud keychain-1

3. iCloud Keychain
Mengingat Password merupakan hal yang cukup sulit bagi seorang pelupa. Nah disinilah fungsi iCloud Keychain, karena fitur ini yang akan mengingatkannya untuk Anda. iCloud Keychain akan menyimpan password yang Anda miliki dari nama user pada website hingga kode password di perangkat yang Anda konfigurasi dengan enkripsi keamanan 256-bit AES. Fitur ini juga tambah keren, karena akan bekerja secara otomatis kapanpun Anda butuhkan. Selain itu, iCloud Keychain juga menyediakan fitur Password Generator yang dapat membuatkan Anda password yang unik dan sulit ditebak.

multiple display-1

4. Multiple Display
Suka bekerja multitasking? Untuk mengakomodir kebutuhan Anda tersebut, Mavericks kini dapat dihubungkan ke layar tambahan dengan tampilan layar yang termasuk menu bar dan dock. Jadi Anda bisa membukan beberapa aplikasi sekaligus di layar berbeda dengan tampilan layar penuh tanpa menggangu aplikasi lain. Multiple Display juga dilengkapi dengan Mission Control untuk mempermudah Anda melihat aplikasi apa saja yang dibuka dan aplikasi yang Anda buka tersebut dapat dipindahkan dengan cara drag and drop.

notifications-1

5. Notifications
Notification pada OS X Mavericks kini dilengkapi dengan fitur balas pesan dan hanya dapat digunakan sebatas pada aplikasi buatan Apple saja seperti misalnya Messages. Notifitactions juga terintegrasi dengan akun jejaring sosial yang artinya pengguna kini dapat melakukan posting update status ke Facebook, Twitter atau Linkedln hanya lewat Notification center.

Di OS X Mavericks, pengguna kini dapat menikmati fitur notifikasi dari website. Caranya, tinggal daftarkan website yang diminati untuk mendapatkan langsung update berita, hasil pertandingan bola atau info lainnya tanpa perlu membuka browser. Dan dengan mengklik notifikasi website tersebut, pengguna akan dibawa langsung ke tautan yang dituju.

finder-1

6. Finder
Finder kini mendapatkan fitur tag yang amat berguna untuk mengatur konten yang ada di sistem atau iCloud. Pengguna dapat membuat tag dengan mudah di tampilan Finder dan menggunakan satu tag yang sama untuk file berbeda. Selain itu, Finder juga dilengkapi dengan tab yang fungsinya sama persis dengan tab yang ada di browser Safari.

ibooks-1

7. iBooks
Bagi yang gemar membaca, pengguna kini dapat menyinkronisasi seluruh judul buku yang telah ada di iPad, iPhone atau iPod Touch ke iBooks yang ada di MacBook atau iMac. Dengan iCloud, jika Anda membuat catatan atau highlight pada halaman yang sedang dibaca, maka semua catatan dan highlight tersebut juga akan muncul di seluruh perangkat iOS Anda.

Maps-1

8. Maps
OS X Maverick kini dilengkapi dengan aplikasi Maps. Kini Anda dapat mencari lokasi destinasi yang ingin dituju dengan sangat detil. Aplikasi ini juga bisa mengarahkan Anda ke tujuan, memberi informasi kondisi lalu lintas serta hal-hal menarik di sekitar lokasi yang ingin Anda tuju seperti informasi hotel atau restoran. Informasi kontak tempat bersangkutan akan langsung ditampilkan berupa alamat email, alamat tempat atau nomor telepon. Ketika siap pergi, Anda bisa mengirim seluruh hasil pencarian Anda tersebut ke perangkat iOS dan menjadikannya sebagai alat navigasi. Maps juga terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Mail, Contacts dan Calender. Namun nampaknya semua fasilitas Maps hanya akan berjalan di negara tertentu saja yang telah mendukungnya dengan sempurna.

Apple OS X Mavericks telah tersedia sekarang juga dan dapat diunduh secara gratis. Perangkat Mac yang bisa menggunakan OS ini antara lain adalah iMac (Mid 2007 atau terbaru), MacBook (akhir 2008 Aluminum, atau awal 2009 atau yang terbaru), MacBook Pro (13-inci, Pertengahan 2009 atau yang terbaru; 15-inci, Pertengahan/akhir 2007 atau terbaru), MacBook Air (akhir 2008 atau terbaru), Mac mini (Awal 2009 atau terbaru), Mac Pro (Awal 2008 atau terbaru) dan Xserve (Awal 2009).

Back to top button