Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Apple iPad Air: Bodi Menipis, Performa Meningkat

Apple memperkenalkan produk iPad terbarunya dengan nama yang baru juga. iPad Air hadir dengan layar 9,7 inci Retina Display, atau sama persis dengan iPad 3 dan iPad 4. Pilihan kapasitasnya juga sama seperti generasi sebelumnya, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB. Kameranya juga masih sama, yaitu 5 megapixel di belakang tanpa flash dan kamera 1,2 megapixel FaceTime HD di depan .Namun kesamaannya berhenti di situ.

iPadAir-Diamond(LockScreen)-PRINT

Apple iPad Air hadir dengan ketebalan bodi 20 % lebih tipis dan bobot 28% lebih ringan dibandingkan iPad 4. Sedangakn bezel atau bingkainya juga berhasil dipangkas hingga 43% dibandingkan iPad 4. Walaupun lebih langsing dan lebih enteng, ternyata Apple berhasil menyajikan performa baterai yang sama seperti iPad generasi sebelumnya. iPad Air diklaim mampu digunakan secara terus menerus hingga 10 jam.

apple_ipad_air hand

Peningkatan lain juga ditemukan di jeroannya. iPad Air kini menggunakan prosesor Apple A7 yang sama seperti di iPhone 5s. Ternyata efisiensi daya prosesor A7 inilah yang sukses membuat iPad Air tetap ramping karena tidak membutuhkan baterai dengan dimensi fisik seperti iPad 4. Tablet baru ini juga telah dibekali M7 motion coprocessor seperti pada iPhone 5s. Fungsi prosesor tambahan ini adalah untuk mengumpulkan data pergerakan secara kontinyu.

apple_ipad_air

Performa Wi-Fi juga ditingkatkan dan kini mencapai 300 Mbps. Pencapaian ini dimungkinkan berkat adanya dua antena yang mendukung teknologi MIMO (Multiple-In-Multiple-Out) untuk menjaga agar penerimaan sinyal Wi-Fi lebih optimal.

Sama seperti iPhone 5s, pembeli iPad Air juga dapat mengunduh iLife Suite (iPhoto, iMovie, dan Garage Band) dan iWork Suite (Pages, Numbers, dan Keynote) secara gratis dari AppStore. Ini merupakan penawaran yang menarik mengingat dulu tiap aplikasi tersebut dijual sekitar US$10. Bagi yang belum pernah memakainya, jangan pandang sebelah mata penawaran ini. Semua aplikasi yang diberikan gratis ini tidak hanya berguna, tapi amat mudah dipakai dengan tampilan yang menarik.

Sama seperti iPad 4, iPad Air tersedia dalam dua model yaitu Wi-Fi dan Wi-Fi+Cellular. Namun pilihan warnanya agak berubah. iPad Air tersedia dalam pilihan warna silver dan space gray. Untuk harga, iPad Air Wi-Fi akan dijual seharga US$499 (16GB), US$599 (32GB), US$699 (64GB), dan US$799 (128GB). Sedangkan versi Wi-Fi+Cellular akan dipasarkan seharga US$629 (16GB), US$729 (32GB), US$829 (64GB), dan US$929 (128GB).

Apple iPad Air akan tersedia mulai 1 November di 41 negara (Indonesia tidak termasuk) yaitu: Amerika Serikat, Australia, Austria, Belgia, Bulgaria, Kanada, Cina (hanya Wi-Fi), Kroasia, Cyprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hungaria, Islandia, Irlandia, Italia, Jepang, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Macao (hanya Wi-Fi), Macedonia, Montenegro, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Puerto Rico, Romania, Singapura, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Switzerland dan Inggris.

[table]Spesifikasi;Apple iPad Air
Prosesor;”A7 chip dengan arsitektur 64-bit dan M7 motion coprocessor”
Layar;”9.7 inci, 2048 x 1536 pixel (264ppi)”
Kamera;”5 megapixel f/2.4 aperture, 1080p HD Video di belakang, 720p di depan”
Memori;16, 32, 64, dan 128GB
Baterai;Lithium-polymer 32.4-watt-hour
Warna;Space gray dan Silver
Dimensi;”240×169,5×7,5mm”
Bobot;469 gram (Wi-Fi), 478 gram (Wi-Fi+Cellular)
[/table]

2 komentar

Back to top button