Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Samsung Umumkan GALAXY Round, Smartphone Pertama Dengan Layar Melengkung

Tren layar OLED dan LCD melengkung tidak hanya menghinggapi produk TV saja, tapi juga telah meluas hingga ke smartphone. Samsung mengumumkan GALAXY Round, smartphone pertama di dunia dengan layar melengkung.

GALAXY Round ini dilengkapi layar Super AMOLED Full HD berukuran 5,7 inci. Bodinya cukup tipis, dengan ketebalan hanya 7,9mm dan bobot 154 gram.

Galaxy_Round_001_Front_Back

Dengan layar melengkungnya, ada beberapa fitur unik yang tergabung dalam Round Interaction. Salah satunya adalah fitur Roll Effect yang memberi kemudahan untuk melihat informasi seperti tanggal, jam, missed calls, dan status baterai saat layar dalam kondisi mati. Caranya, Anda tinggal memiringkan Round di permukaan yang rata. Jadi tidak perlu menekan tombol apa pun.

Kemudian ada Bounce UX yang memudahkan pengguna mengendalikan musik saat layar dalam kondisi mati. Saat music player sedang berjalan, menekan bagian kiri layar akan memutar lagu sebelumnya sementara menekan bagian kanan layar akan memutar lagu selanjutnya. Untuk fitur lain, sepertinya cukup mirip seperti GALAXY Note 3. Samsung akan menjual GALAXY Round mulai 10 Oktober di Korea. Harganya mencapai US$1000 atau sekitar 11 juta rupiah untuk warna Luxury Brown. Belum ada informasi kapan Round akan dipasarkan di tempat lain.

Dilihat dari fitur uniknya, Round sepertinya belum menawarkan keunikan yang cukup signifikan dibandingkan smartphone dengan layar datar. Sebenarnya saya lebih berharap Samsung (atau pabrikan lain) mengeluarkan smartphone dengan layar fleksibel yang otomatis dapat dilengkungkan. Kembali ke layar melengkung, apakah ini akan menjadi tren smartphone tahun depan? Saya rasa kita harus menanti bagaimana pengembang aplikasi dan pabrikan memanfaatkan keunikan layar melengkung ini sehingga tidak terlihat sebagai salah satu gimmick marketing saja.

Sumber

Back to top button