Quantcast
KomputerNews

Windows 8.1 Preview: Makin Menonjolkan SkyDrive dan Bing

Mendekati ulang tahun pertamanya, update Windows 8 sudah mulai meluncur dalam bentuk preview. Mengusung nama Windows 8.1, update terbaru ini diklaim sebagai jawaban Microsoft terhadap umpan balik konsumen dan ditujukan untuk meningkatkan pengalaman komputasi yang terintegrasi, dengan desktop, laptop, dan tablet. Perubahan apa saja yang disuguhkan raksasa PC tersebut?

Start

Yang pertama terlihat tentu tingkat personalisasi yang ditawarkan. Berawal dari lock screen yang kini bisa menampilkan slideshow foto favorit Anda, baik yang tersimpan dalam perangkat atau Skydrive, hingga tingkat personalisasi pada layar Start yang kini bisa dihiasi wallpaper bergerak. Microsoft menambahkan dua ukuran tile baru – yang berukuran besar dapat menampilkan lebih banyak informasi, sedangkan yang kecil memberikan ruang kustomisasi lebih luas dalam pengaturan tile. Anda juga bisa memindahkan, mengatur ukuran, dan menghapus lebih dari satu tile sekaligus.

Search

Kemudahan penelusuran pun semakin ditingkatkan. Ditenagai mesin penelusuran Bing, Windows 8.1 menampilkan data-data relevan dari web, aplikasi, file yang tersimpan dalam perangkat dan SkyDrive, serta perintah yang bisa Anda lakukan, seperti memainkan musik atau video. Deretan hasil penelusuran ditampilkan dalam halaman yang sederhana dan menarik.

Integrasi dengan SkyDrive pun tidak berhenti di situ saja. Layanan cloud milik Microsoft ini menjadi lokasi penyimpanan utama dokumen-dokumen Anda. Baik data yang tersimpan dalam perangkat maupun di cloud dapat dibuka langsung dari dalam aplikasinya, bahkan saat offline.

SkyDrive

Sejumlah aplikasi built-in pun mengalami pembaruan, seperti kemudahan mengedit foto langsung dari dalam aplikasi Photo, Internet Explorer 11 yang semakin dioptimalkan untuk layar sentuh, dan kemampuan multitasking dengan membuka hingga empat aplikasi dalam satu layar.

Versi preview Windows 8.1 tersedia secara cuma-cuma sejak 26 Juni lalu di Windows Store. Versi teratasnya, Pro, akan memakan ruang penyimpanan perangkat Anda sebesar 2,44 GB.

Back to top button