Sony Pamerkan PlayStation 4 Di E3 2013

Persaingan konsol game telah memasuki babak baru seiring dengan pengumuman oleh dua pemain raksasa, Sony dan Microsoft, dalam ajang E3. Setelah merampungkan sesi pengenalan Xbox One, giliran Sony yang memamerkan generasi terbaru PlayStation. Apa saja yang disiapkan produsen perangkat elektronik asal Jepang ini untuk melibas kompetitornya?

Sony PlayStation 4

Salah satunya adalah Gaikai yang menyuguhkan inovasi penting dalam industri game. Bermain game kini dapat dilakoni secara streaming melalui cloud dan inovasi ini akan hadir dalam PlayStation 4 pada 2014 mendatang. Tidak hanya game PS4 yang tersedia, game PS Vita dan sejumlah judul terpilih dari PS3 juga dapat dimainkan. Pertanyaan mengenai kompatibilitas konsol generasi baru dengan judul-judul game dari generasi sebelumnya pun terjawab.

Perkembangan konsol baru Sony tentunya tidak terbatas pada Gaikai. Sony tidak tanggung-tanggung mempertontonkan kemampuan grafis dan gaya bermain yang bisa diharapkan konsumen. Judul-judul game seperti Destiny, Final Fantasy XV, Kingdom Hearts III, The Dark Sorcerer, dan The Order 1886 menunjukkan keanekaragaman genre yang tersedia. Ini belum termasuk judul-judul yang dikembangkan studio game independen, serta semua game eksklusif dan non-eksklusif yang akan diluncurkan.

Unit controller juga disempurnakan. Anda tidak akan menemukan tombol Start dan Select di controller baru PS4. Sebagai gantinya, terdapat touch panel yang memiliki berbagai fungsi berbeda di tiap game atau aplikasi. Selain itu ada tombol Share yang dapat membagikan video saat Anda sedang bermain. Jadi jangan lupa pakai baju saat main PS4 ya.

Anda juga bisa menggunakan PS Vita untuk memainkan game PS4 atau disebut Remote Play. PS4 juga mendukung interaksi dengan smartphone dan tablet. Sony juga memperkenalkan aksesori tambahan yang sementara ini dijual terpisah seharga US$59, yaitu PlayStation Camera. Dipasangkan dengan controller yang baru, PS4 akan dapat memberikan pengalaman AR (augmented reality) bagi sebagian game yang dirancang khusus untuknya.

Sony PlayStation 4 controller (2)

Selain judul-judul game baru dan kemampuan piranti keras yang mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, harga mungkin menjadi penentu terpenting dalam persaingan konsol ini. Sony menempelkan harga US$399 pada PS4 atau US$100 lebih murah dibanding kompetitor terdekatnya, Xbox One.

[table th=”0″]” “;PlayStation 4
Prosesor;AMD x86-64 8-core, AMD next-generation Radeon based graphics engine 1.84 TFLOPS
Memori;GDDR5 8GB
Storage;HDD 500GB
I/O;2 super-speed USB 3.0 port, 1 AUX port
Jaringan;Ethernet, IEEE 802.11 b/g/b, Bluetooth 2.1 (EDR)
AV output;HDMI, Digital Out
Ukuran;275x53x305 mm
Bobot;2,8 kilogram
[/table]

Verified by MonsterInsights