Quantcast
iOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetNews

iOS 7, Bawa Perombakan Tampilan Dan Berbagai Fitur Baru

Apple memperkenalkan iOS 7 dalam Worldwide Developer Conference yang dihelat di San Fransisco, Amerika Serikat, pada Senin (10/6). Update terbaru sistem operasi mobile ini mengalami perubahan yang signifikan, dari sisi desain maupun penambahan fitur. Pilihan font, kombinasi warna, desain ikon aplikasi, serta penggunaan efek transparan pada latar menghasilkan tampilan antar muka yang lebih sederhana dan tajam. Fitur-fitur apa yang disematkan dalam iOS 7?

Persaingan yang semakin ketat tampaknya mendesak Apple untuk mengambil contoh dari rival terberatnya di pasar perangkat mobile, Android. Mengusapkan jari pada layar saat di halaman muka membuka sejumlah fitur baru, seperti Control Center yang muncul ketika Anda mengusapkan jari dari layar bagian bawah ke atas. Fitur ini menyuguhkan akses cepat ke pengaturan konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, tingkat kecerahan layar, Airplane Mode, kontrol pemutar musik, jam, kamera, kalkulator, dan senter.

Sekilas, tampilan antarmuka iOS 7 merupakan gabungan dari berbagai elemen yang ada di sistem operasi lain seperti Windows 7, Android, Palm OS, dan Windows Phone. Misalnya seperti tampilan Notification Center yang dapat dipanggil dengan menyapukan jari dari bawah ke atas (kebalikan dengan Android) atau elemen transparan yang mirip seperti Aero. Namun ada juga yang cukup menarik seperti

Notification Center juga hadir kembali dalam update terbaru ini dengan halaman tembus pandang yang terlihat lebih sederhana. Sebagai tambahan, Apple menghadirkan fitur Today yang menunjukkan setiap jadwal rapat dan acara, serta informasi cuaca dan kondisi jalan pada hari yang bersangkutan.

Apple juga merombak aplikasi Photos dengan memperkenalkan Moments, cara baru mengatur foto dan video berdasarkan waktu dan lokasi secara otomatis. Untuk berbagi foto dengan lebih mudah, kini terdapat iCloud Photo Sharing. Dengan fitur ini, teman dan keluarga kini bisa menambahkan foto dan video ke photo stream Anda. Aplikasi kamera juga diperbaiki dengan adanya filter dan pilihan hasil foto kotak yang sedang trendi.

Fitur Multitasking mengalami perombakan signifikan dengan tampilan dan antar muka yang lebih intuitif. Berpindah-pindah halaman antar aplikasi dibuat lebih mudah. Untuk menutupnya pun hanya butuh satu usapan jari. iOS juga bisa mengenali kebiasaan penggunanya untuk mengidentifikasi aplikasi mana saja yang sering digunakan sehingga dapat diprioritaskan untuk dijalankan di belakang layar. Apple juga memberikan kemampuan update aplikasi otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi meneliti aplikasi mana yang perlu diperbaharui agar bisa dijalankan. iOS 7 juga akan dapat menentukan saat yang paling tepat untuk melakukan update.

Tampilan yang berbeda juga terlihat di Safari yang kini menampilkan halaman web secara penuh. Fitur baru Safari lainnya meliputi Enhanced Parental Control untuk mengatur konten mana yang boleh dilihat oleh anak Anda dan iCloud Keychain yang digunakan untuk menyimpan data sensitif seperti password dan informasi kartu kredit untuk transaksi di Internet.

Kemampuan Siri juga ditingkatkan dengan suara pria dan wanita yang lebih baik dan lebih mirip seperti suara orang sungguhan. Siri di iOS 7 juga sudah terintegrasi dengan WikiPedia dan kini menggunakan Bing untuk menampilkan hasil pencarian. Anda kini juga dapat mengubah setting perangkat iOS atau menyuruh Siri membacakan voicemail.

iPhone5-3up-Pyramid_iOS7

Apple menghadirkan fitur baru yang siap menantang kemampuan NFC dalam kemudahan berbagi konten. Mengusung nama AirDrop, fitur ini memperlihatkan daftar orang di buku kontak yang lokasinya di dekat Anda. Pilih konten yang ingin Anda bagikan, kontak yang Anda tuju, dan AirDrop akan membagi konten tersebut.

Satu fitur menarik adalah integrasinya dengan mobil. Apple telah menggandeng puluhan merek mobil kenamaan dunia untuk menampilkan layar iOS 7 di dashboard.

Fitur baru lainnya antara lain iTunes Radio yang menyediakan akses gratis ke lebih dari 200 stasiun dan katalog musik dari iTunes Store, fitur Apps Near Me yang secara otomatis mencarikan aplikasi berdasarkan lokasi Anda, Night mode di Maps yang memudahkan navigasi saat gelap, FaceTime audio untuk menelpon melalui jaringan data, opsi memblokir sebagian kontak di Phone, FaceTime, dan Messages, serta masih banyak perbaikan kecil lainnya.

Nantinya update sistem operasi terbaru ini akan tersedia secara gratis untuk iPhone 4 ke atas, iPad 2 ke atas, iPad mini, serta iPod Touch generasi kelima.

Back to top button