Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Camfind: Saingan Google Goggles untuk iOS

Google Goggles menambah fungsi kamera pada smartphone. Tidak sekadar mengabadikan momen atau objek, kamera smartphone menjadi bagian dari mesin penelusuran Google yang ekstensif. Mencari informasi kini semudah membidik dan menekan tombol shutter.

CamFind

Konsep serupa diadopsi oleh Image Searcher, Inc. dalam mengembangkan aplikasi iOS, CamFind. Pada dasarnya, cara kerja kedua aplikasi tersebut tidak berbeda. Bidik objek yang ingin Anda telusuri, tekan ikon kamera pada layar, dan biarkan aplikasi tersebut mencari informasi yang relevan untuk Anda. Baik produk, logo, poster, atau objek apa pun bisa ditelusuri dengan bantuan kamera.

Antarmuka

Perbedaan paling mencolok antar keduanya terlihat pada tampilan antarmuka. Hasil penelusuran Goggles mengusung tampilan khas Google yang sudah sangat familiar, sedangkan CamFind mengusung desain serba hitam yang terlihat lebih segar dan elegan.

Perbedaan lainnya juga terlihat sesaat setelah Anda menekan ikon kamera. Proses penelusuran CamFind lebih singkat. Aplikasi tersebut memaparkan hasil penelusuran secara instan sesudah menganalisis obyek, sedangkan Goggles terlebih dulu menunjukkan apa yang berhasil diidentifikasi dalam bidikan dan pengguna harus menekan ikon tambahan untuk memunculkan hasil penelusuran.

IMG_0015

Kinerja

Dalam tes singkat yang saya lakukan, CamFind lebih akurat dalam mengidentifikasi objek. Menggunakan segelas air putih, Goggles gagal mendeteksi objek dalam bidikan kamera. Beda halnya dengan Camfind yang berhasil mengenali objek dan menyuguhkan daftar hasil penelusuran dengan cepat. Tidak hanya tautan yang berhubungan dengan objek, deretan gambar gelas berisi air turut muncul. Begitu pula saat membidik botol parfum, poster, tas, dan kalendar. Goggles berkutat pada logo yang tercantum atau bahkan tidak mengenali objek, sedangkan CamFind mengenali objek secara utuh.

Tentunya akurasi dapat berubah seiring jalannya waktu, pengembangan mesin penelusuran, serta pembaruan software. Namun untuk saat ini, CamFind merupakan pilihan yang lebih akurat untuk aplikasi penelusuran melalui kamera. Sayangnya, pengguna Android belum bisa mencobanya lantaran aplikasi tersebut baru tersedia untuk iOS.

Back to top button