Hands-On BlackBerry Q10

Saat acara peluncuran yang berlangsung di Hotel Hilton Bandung beberapa waktu lalu, kami sempat melakukan sesi hands-on BlackBerry Q10 yang saat ini masuk dalam tahap pre-order.

Q10-c

Seperti biasa, aspek desain menjadi perhatian pertama, apalagi Q10 membawa kembali keyboard QWERTY fisik mereka yang menjadi favorit banyak orang. Desain tuts alias tombol QWERTY-nya tersebut sedikit mengingatkan kami pada BlackBerry Porsche Design. Meski dibalut dengan warna hitam, konturnya terlihat mewah, tegas, namun tetap nyaman digunakan untuk mengetik. Terlihat cukup jelas bentuk berbeda antara barisan tombol di sisi kiri dan sisi kanan, yang dirancang untuk menyesuaikan dengan bentuk jari.

Tombol volume dan voice assistant tetap berada di sisi kanan Q10, sama seperti Z10. Ketiga tombol ini juga dapat digunakan sebagai tombol shutter atau rana kamera. Sementara di tutup belakangnya, Anda akan melihat pola yang diklaim BlackBerry berbeda antara satu unit dengan unit lainnya. Jadi tidak ada Q10 yang memiliki pola yang sama. Di ujung kiri atas sisi belakang tersebut hadir kamera lengkap dengan lampu kilat. Secara keseluruhan, tidak banyak perbedaan tata letak tombol jika dibandingkan Z10.

svg%3E

Port microUSB dan microHDMI masih diletakkan di sisi kiri ponsel, serta tombol daya di sisi atas berbentuk persegi panjang. Pun juga speaker yang berada di sisi bawah Q10, memanfaatkan ceruk untuk membuka casing belakangnya. Q10 secara keseluruhan terasa ringan saat digenggam. Meski begitu karena menggunakan bahan berkualitas premium, bodinya dirancang agar tidak mudah rusak saat terjatuh.

Berikutnya kami menjelajah menu dan tampilan BB OS 10.1 yang diadopsi Q10. Juga tak lupa menguji performa kameranya dan layar sentuhnya lewat game Angry Birds Space HD. Tak banyak perbedaan dengan saudaranya Z10, karena secara umum, Q10 setara dengan Z10 namun dengan bentuk berbeda untuk mengakomodir kebutuhan mereka yang lebih menyukai keyboard QWERTY untuk mengetik meski dengan layar lebih kecil, ketimbang menggunakan keyboard virtual. Performa juga cukup baik dan setara dengan Z10. Untuk ketahanan baterai, seharusnya lebih baik karena Q10 memiliki baterai yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan Z10.

Untuk lebih jelasnya silakan saksikan video berikut ini.

Verified by MonsterInsights