Review Samsung GALAXY Note 8.0

Tren tablet dengan layar “nanggung” nampaknya mulai marak tahun ini. Jika 7 inci dirasa masih kecil, namun 10 inci terlalu besar, maka tablet dengan layar 8 inci bisa menjadi pilihan.

Sebenarnya Samsung beberapa tahun lalu pernah meluncurkan tablet dengan bentang layar 8 inci, tepatnya 8.9 inci, yang lebih ditujukan untuk kaum hawa. Namun format lanskap yang diusungnya masih menimbulkan kesan “besar” alias lebar dan kurang ringkas. Kini salah satu tablet terbaru Samsung datang dari keluarga Note, yang berarti cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas di bidang grafis.

featured

Desain
Note 8.0 mengusung desain yang “sangat Samsung”. Artinya, hanya dengan sekali lirik, orang pasti akan langsung dapat menebak kalau gadget yang Anda gunakan merupakan buatan vendor asal Korea Selatan tersebut. Dan artinya pula, Anda tak salah pilih, karena seri GALAXY Note dengan layar besarnya merupakan salah satu seri yang masih digandrungi oleh konsumen hingga saat ini, dan menentengnya tentu akan semakin menunjang penampilan Anda.

Lihat saja kelir putih yang mendominasi sekujur tubuhnya dengan ujung membulat, terlihat elegan, keren sekaligus nyaman digenggam. Agak berlebihan? Tidak juga. Karena meskipun terbuat dari bahan plastik, namun rancang bangun Note 8.0 terasa solid, ringan dan tidak terlalu licin. Perpaduan dengan lis perak yang memisahkan bodi depan dan belakangnya menegaskan kesan solid tersebut.

Dengan bentang layar 8 inci, penempatan tombol-tombol pada Note 8.0 difokuskan pada sisi kanan tablet, yakni tombol daya dan volume. Sementara di bawah layar terdapat satu tombol Beranda yang diapit oleh tombol sensitif sentuh khas Android. Penempatannya yang agak “merapat ke tengah” sedikit terlihat aneh, namun di sisi penggunaan justru terasa nyaman karena space untuk memegang tablet di sisi ujung kiri dan kanan bawah semakin luas.

desain

Slot microSD dan microSIM terdapat di sisi kanan belakang. Karena menganut konsep unibody, Anda tak dapat membuka tutup belakang alias casing Note 8.0. Sedikit catatan untuk slot microSIM Note 8.0, kartu SIM yang telah disisipkan ke dalamnya agak sulit dikeluarkan, meski memasukkannya tergolong mudah. Untunglah kartu SIM termasuk bukan merupakan item yang harus sering dilepas-pasang.

Sementara di seberangnya, Anda akan menemukan tempat S Pen berada. Penempatannya sama sekali tidak mencolok dan mengganggu. Saat mengeluarkan atau memasukkan stylus dari dan ke tempatnya tersebut, tablet akan meresponsnya dengan getaran kecil. Stylus ini tentunya bukan sekedar batang plastik untuk membantu Anda corat-coret di atas layar saja, karena telah dibenamkan teknologi yang canggih.

Fitur
Berbagai fitur khas Samsung tentunya bisa Anda gunakan pada Note 8.0, termasuk S Beam, S Voice, Smart Stay, Pop Up Call, Direct Call, hingga Multi Window. Untuk fitur khusus Note, Anda bisa memaksimalkan aplikasi aNote HD (a untuk kata “awesome”) yang menyediakan berbagai fitur menarik seperti Quick Memo, Kalender, My Idea untuk menuangkan ide Anda secara cepat di atas layar, My Diary sebagai buku harian pribadi Anda, Travel Journal sebagai buku catatan perjalanan digital, daftar belanja, To-Do List, Anniversary untuk mengingat berbagai perayaan penting, Work, Study, Email/Print, Thought hingga Resep Masakan! Lengkap sekali bukan?

Ada juga Paper Artist, yang memungkinkan Anda menjadi seorang pelukis profesional dadakan – tentu dengan bekal foto di galeri atau yang baru Anda bidik. Nah, fitur baru yang juga terdapat pada GALAXY S4 adalah Group Play. Dengan fitur ini, Anda bisa memainkan salindia foto atau musik yang sama, pada perangkat Samsung lain yang mendukung fitur ini, dengan memanfaatkan jaringan WiFi yang sama pula. Sebagai host, Anda dapat mengganti lagu hingga mengatur volume langsung di perangkat Anda dan otomatis akan diterapkan pada perangkat yang tergabung lainnya.

fitur

Samsung juga menyertakan Learning Hub yang merupakan perpustakaan digital untuk menyimpan dan membaca koleksi eBook Anda, serta Game Hub tempat Anda mendapatkan berbagai game menarik baik yang gratis maupun berbayar. Jika timbul pertanyaan, apa bedanya dengan Google Play Store maupun Samsung Apps? Di Game Hub, genre game telah dikelompokan berdasarkan rekomendasi sehingga memudahkan Anda untuk menemukan game yang seru sesuai dengan selera.

Performa
Prosesor Exynos 4412 Quad-core milik Samsung yang berkecepatan 1.6GHz Cortex-A9 tentu nampak menjanjikan. Dan ini kami rasakan sendiri selama menggunakan Note 8.0 untuk berbagai aktivitas. Sebenarnya tidak mengherankan sih, karena dari Note generasi sebelumnya pun, performa yang dihadirkan Samsung tak pernah mengecewakan kami.

Di sektor grafis, prosesor Mali-400MP juga tanggap dalam menghadirkan gambar hingga ke detilnya. Termasuk saat kami memainkan game Real Racing 3 yang selain lebih berat dari Dead Triger andalan kami selama ini, juga meminta kinerja grafis lebih tinggi. Shape berbagai mobil, sirkuit, hingga jalanan aspal dapat tertampil maksimal serta berjalan dengan sangat lancar, tanpa lagging. Satu kelebihan lagi: bodi belakang Note 8.0 tak terasa panas saat kami bermain maupun menonton film dalam waktu lama.

svg%3E

Namun sayangnya bukan tanpa kekurangan. Masih pengalaman saat bermain Real Racing 3, posisi speaker stereo yang berada di sisi bawah membuatnya tertutup tangan secara sempurna sehingga mengganggu kenyamanan bermain. Maklum saja, rata-rata game yang ada di pasaran saat ini memang menggunakan orientasi lanskap. Solusinya, Anda harus menggunakan earphone atau handsfree, atau mengatur sedikit cara Anda memegang tablet agar suara masih dapat keluar.

Sekarang mari beralih ke pemutar media. Berbagai video baik yang HD maupun Full HD juga bisa diputar dengan mudah dan lancar tanpa perlu menginstal aplikasi player tambahan. Termasuk Smurf.mkv yang dapat tampil lengkap dengan teks-nya. Yang cukup menarik, video dapat diputar dalam format potrait dan tetap mempertahankan layar penuh alias full screen. Jarang kami temui perangkat yang memiliki kemampuan seperti ini meski hasilnya gambar akan sedikit “gepeng”.

perform

Pemutar musik di Note 8.0 tidak mengandalkan Google Play Musik yang standar dimiliki perangkat Android lainnya. Selain memiliki equalizer lebih lengkap, tampilan lebih segar, menampilkan lirik hingga auto off setelah jangka waktu tertentu (biasanya digunakan sebagai pengantar tidur), Anda juga dapat mengatur kecepatan musik yang sedang dimainkan, mulai dari paling lambat 0.5x hingga paling cepat 2x. Yang canggih adalah, musik yang dimainkan tetap terasa enak didengar. Kualitas speaker stereonya tak perlu diragukan, bertenaga dengan dinamika yang terjaga.

Yang sedikit mengherankan adalah, dengan spesifikasi mumpuni yang dimiliki, Samsung hanya membekali Note 8.0 kamera utama 5MP dan kamera depan 1.3MP saja, tanpa dilengkapi lampu kilat! Resolusi maksimum video yang dapat dihasilkan pun hanya HD 720p saja. Apakah karena Samsung menganggap memotret dan merekam video menggunakan tablet yang dimensinya lebar bukan merupakan pilihan utama sehingga hanya dijadikan sebagai pelengkap? Bisa jadi. Untuk kualitas hasil foto dan videonya bisa Anda simak di bawah ini.

Foto
20130525_143113 20130525_144744
20130525_143629 20130525_143257

Video

Terakhir, mari kita uji kemampuan Note 8.0 dengan sederet aplikasi benchmark yang dapat diinstal gratis dari Google Play Store. Dimulai dari Quadrant dengan poin 6893 dan menempatkannya di posisi teratas, mengungguli HTC One X dan Asus Transformer Prime. Disusul AnTuTu dengan poin 16926 di posisi kelima di bawah saudara-saudaranya, yakni GALAXY S4 (1), Note II (4), serta Sony Xperia Z (2) dan LG Google Nexus 4 (3). Kemampuan Note 8.0 dalam memainkan game bergrafis tinggi diuji menggunakan aplikasi 3D Mark, hasilnya tablet ini berada di posisi ketiga, masih di bawah GALAXY Note II. Dan Vellamo menguji kapabilitas Note 8.0 untuk berselancar di dunia maya dengan poin yang didapat adalah 1790 di posisi teratas.

Meski berbekal baterai berkapasitas 4600mAh, namun Anda dapat menggunakan Note 8.0 untuk menonton film atau bermain game terus menerus selama tak lebih dari 8 jam saja, alias kurang dari setengah hari. Bisa dimaklumi sih, karena porsi terbesar akan terpakai ke layarnya yang luas. Tapi tak perlu khawatir, karena sudah termasuk awet untuk penggunaan wajar – bahkan untuk mendengarkan musik terus menerus (kondisi layar mati), tablet mampu bertahan hingga 120 jam alias hingga 5 hari! Namun pengalaman kami selama penggunaan, kunci layar Note 8.0 mudah terbuka sendiri meski berada di dalam tas. Ini dikarenakan layar yang mati (idle) akan menyala saat salah tombol fisik ditekan, di mana tombol Home di bawah layar adalah yang paling mudah tertekan secara tak sengaja. Karena itu, jangan lupa untuk melengkapi Note 8.0 Anda dengan case khusus.

benchmark

Kesimpulan
Samsung GALAXY Note 8.0 sukses menjadi penerus seri Note sebelumnya yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Perpaduan desain, fitur dan performanya, dibanderol dengan harga sekitar Rp5,2 jutaan yang artinya cukup terjangkau bagi mereka terutama yang memerlukan gadget sepadan untuk menunjang kerja sekaligus hiburan.

Yang canggih:
(+) Desain elegan, khas Samsung
(+) Performa layar & perangkat baik
(+) Speaker stereo bertenaga
(+) S Pen berguna
(+) Galaxy Note termurah saat ini

Yang kurang:
(-) Letak speaker stereo rawan tertutup tangan saat digunakan bermain
(-) Kamera baru 5MP + video HD 720p, tanpa lampu kilat
(-) Kunci layar mudah terbuka sendiri

[table th=”0″]” “;Samsung GALAXY Note 8.0
Layar;”TFT, 800 x 1280 piksel, 8 inci, ~189 ppi”
Sistem Operasi;Android v4.1.2 Jelly Bean
Prosesor;”Exynos 4412, Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9, GPU Mali-400MP”
Memori;”internal 16/32GB, RAM 2GB, eksternal microSD”
Kamera;”5MP, video HD 720p, kamera depan VGA”
Baterai;4600mAh
Dimensi;210.8 x 135.9 x 8 mm
Bobot;338 gram[/table]