Quantcast
Aksesoris GadgetEars In HeavenMobile GadgetReview

Review LG LE-1700

Tak lama setelah mereview earphone LG QuadBeat, kami kembali kedatangan salah satu earphone LG yang juga menggunakan kabel pipih (flat cable) untuk mengantisipasi kusut yang kerap dialami penggunanya.

LG LE-1700 didesain jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan QuadBeat. Meski begitu, bukan berarti tak menarik dilihat. Apalagi LG juga menyediakan banyak pilihan warna seperti hitam, putih, perpaduan hitam-merah, hitam-oranye, dan hitam-hijau lemon. Kali ini kami mendapatkan warna hitam (Titan Black) untuk diuji.

desain

Saat melihat brosur resminya, tercantum kalimat “powerful sound” yang sedikit menggelitik rasa ingin tahu kami. Jika pada QuadBeat yang kami ulas sebelumnya lebih unggul di nada-nada treble, apakah LE-1700 akan menyajikan performa sebaliknya, dengan unggul di nada rendah alias bass? Tak menunggu lama, kami pun langsung menancapkan LE-1700 ke salah satu smartphone serta tablet yang sedang kami Review, Samsung GALAXY Grand dan Note 8.0, yang notabene merupakan rival senegara LG.

Kesan pertama: ya, LE-1700 lebih terasa “nendang” bass-nya ketimbang QuadBeat. Kami menggunakan setting equalizer “Rock” di pemutar musik untuk lebih memunculkan nada rendah yang powerful, bahkan jika dibandingkan dengan equalizer Bass yang juga tersedia. Beberapa judul lagu juga kami putar, hasilnya sama memuaskannya. Lalu kami pun mencoba membandingkannya langsung dengan QuadBeat, di mana LE-1700 terpasang di Grand dan QuadBeat terpasang di Note 8.0 maupun sebaliknya. Masing-masing kami kenakan di sebelah telinga.

Mungkin karena satu pabrikan, saat didengarkan secara bersamaan, dengan setting pemutar musik, judul lagu dan detik pemutaran yang sama, karakter suara kedua earphone ini menjadi sangat mirip. Lebih tepatnya QuadBeat menjadi lebih terasa nge-bass dibandingkan sebelumnya. Penggunaan smartphone dan tablet dari dua pabrikan yang sama ini memang disengaja untuk menghasilkan kualitas yang seragam.

Secara keseluruhan, karakter suara LE-1700 lebih kami sukai ketimbang QuadBeat. Sekali lagi, ini masalah selera, karena kami memang menyukai nada-nada rendah yang “nendang” alias nge-bass ketimbang dominan treble. Sementara untuk kenyamanan penggunaan, LE-1700 yang juga menganut konsep ear-in tetap terasa empuk di telinga dan tidak cepat membuat lelah. Meski sekali lagi, warna hitam yang kami uji terlalu terlihat sederhana. Cocok untuk Anda yang berkarakter serupa.

Berbeda dengan QuadBand yang belum beredar, LE-1700 sudah bisa didapatkan di pasaran. Webstore Bhinneka.com menawarkannya dengan harga Rp144.000 saja sudah termasuk ongkos kirim. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa mengakses laman berikut.

Artikel terkait

Back to top button