[UPDATED] Hands-On: Samsung Galaxy Note 8.0

Phablet terbaru dari Samsung untuk tahun 2013, Galaxy Note 8.0, mengisi kekosongan di pasar tablet dengan layar berukuran 8 inci. Di kelas ini, Note 8.0 akan berhadapan dengan Apple iPad Mini, walaupun memiliki konsep dan fitur yang cukup berbeda.

samsung_galaxy_note8_1

Ukuran layar 8 inci sepertinya akan menjadi tren baru di dunia tablet. Ukuran layar Note 8.0 sedikit lebih besar dibanding kebanyakan tablet Android yang masih mengusung layar 7 inci, tapi masih cukup ringkas saat dibawa-bawa. Perbedaan layar 1 inci tersebut juga memberi kenyamanan ekstra saat menjelajah Internet dengan web browser atau membaca buku dan majalah digital. Samsung juga menyisipkan desain yang tipis dan ringan di Galaxy Note 8.0, faktor penting bagi pengguna yang berencana membawanya ke mana-mana. Desain tipis dan ringannya ini membuat pengguna akan dapat memegang Note 8.0 dengan lebih nyaman, meskipun memiliki tangan yang kecil.

Kualitas layar cukup baik, dengan warna-warni khas Samsung yang ceria. Saat dicoba menampilkan video dan gambar, semua terlihat tajam dengan reproduksi warna yang baik. Bagi yang gemar membaca buku digital, terdapat Reading Mode yang akan mengatur setting layar sehingga tidak melelahkan jika digunakan untuk membaca.

samsung_galaxy_note8_2

Saat mencoba menjalankan beberapa aplikasi, tidak ada jeda atau lag yang terasa. Semua berjalan dengan lancar. Tentunya eksperimen ini amat terbatas mengingat kami hanya dapat menjalankan aplikasi yang sudah terpasang di Note 8.0. Kami mencoba aplikasi bawaan baru Note 8.0 yaitu Awesome Note. Aplikasi ini sudah ada lama di iPad dan iPhone, tapi baru akan memulai debutnya di Android melalui Galaxy Note 8.0. Melihat absennya Awesome Note di Play Store, kami menduga bahwa aplikasi ini akan tersedia eksklusif bagi perangkat Samsung, seperti halnya S-Note. Bagi Anda yang suka membuat catatan atau jurnal yang cantik, Awesome Note dapat diandalkan. Selain catatan, Anda juga dapat membuat daftar tugas atau daftar janji. Secara singkat, Awesome Note dapat menjadi asisten sekaligus teman curhat pribadi di Note 8.0.

Sama seperti Galaxy Note sebelumnya, Note 8.0 juga masih dilengkapi slot microSD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya. Pena stylus dari Samsung, S-Pen, juga disertakan dengan ukuran yang cukup pas. Beberapa fitur yang dimiliki Note 8 sama seperti yang ditemukan di Premium Suite Galaxy Note 10.1, seperti Photo Note, Quick Command, Air View, dan sebagainya. Untuk multi window, Note 8.0 hanya mendukung dua aplikasi jendela sekaligus. Jadi tidak sebanyak Note 10.1 yang sudah mendukung 16 aplikasi sekaligus.

Secara keseluruhan, sepertinya Galaxy Note 8.0 akan menjadi cerita kesuksesan baru untuk Samsung. Ukurannya yang sedang trendi dan ada di tengah-tengah akan ideal bagi pengguna yang menganggap Galaxy Note II terlalu kecil dan Galaxy Note 10.1 terlalu besar. Samsung Galaxy Note 8.0 sudah dipasarkan di harga 5,5 juta rupiah. Ini menjadikan Note 8.0 sebagai Samsung Galaxy Note yang paling murah sejauh ini. Berminat?

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8.0
Jaringan;”HSPA? 21Mbps 850/900/1900/2100″
Prosesor;A9 quad-core 1.6GHz
Layar;”TFT 8” WXGA (1280×800, 189 ppi)”
OS;Android 4.1.2 (Jellybean)
Kamera;”Utama(Belakang) 5 Megapixel, Kedua(Depan): 1.3 Megapixel”
Fitur Unik;”S Note, S Planner, Email with hand-writing integration, Quick Command, Easy Clip, Photo Note, Paper Artist, Air View, Popup Note, Popup Video, Shape Match, Formula Match, Idea Sketch, Awesome note”
Konektivitas; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (2.4 & 5 GHz), Wi-Fi Direct, AllShareCast, BT4.0, USB2.0, A-GPS ? GLONASS
Memory;”2GB (RAM), 16/32GB + microSD (up to 64GB)”
Baterai;Li-ion 4,600mAh
Ukuran;”210.8 X 135.9mm”
Bobot;338 gram[/table]

Verified by MonsterInsights