Quantcast
AplikasiBlackBerry

LewatMana: Memudahkan Pantau Lalu Lintas di BB10

Jakarta memang terkenal macetnya. Yang menyebalkan, hal itu juga mulai merambah ke daerah-daerah lain di sekitarnya. Bisakah macet kita hindari?

LM

Jawabannya, bisa. Gunakan saja perangkat BlackBerry 10 Anda! Instal aplikasi LewatMana.com yang selama ini menjadi sarana berbagi informasi kondisi jalan di dunia maya. LewatMana di BlackBerry 10 hadir sebagai aplikasi gratis dengan fitur yang cukup lengkap, baik untuk mencari informasi maupun berbagi informasi. Ukuran file-nya juga relatif ringan, hanya 1,2MB.

Setelah menginstal, lakukan beberapa pengaturan seperti izin akses lokasi berbasis GPS, Hubungkan ke BBM, hingga File Bersama. Pada pengujian, kami hanya men-ceklis berbagi lokasi saja. Kemudian sentuh OK. Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke halaman utama dengan beberapa pilihan informasi, yakni berdasarkan kota (By City), yang terdekat dari lokasi Anda (Near By), rute (Route) serta favorit.

Kota-kota yang tersedia dan dapat dipilih antara lain berada di Bali, Bandung, Bekasi, Depok, Jakarta (Barat/Pusat/Selatan/Timur/Utara), Puncak (Bogor), Surabaya dan Tangerang. Saat Anda memilih salah satu, Puncak misalnya, maka akan tampil pilihan CCTV yang berada di titik-titik rawan macet seperti Ciloto dan Puncak Raya KM 84. Sayangnya, meski kami sudah memilih opsi Play, namun gambar yang tertampil tetap statis.

Pada opsi Near By, aplikasi akan menunjukkan beberapa titik CCTV yang terdekat pada lokasi kita berada saat ini. Misalnya saat kami mengakses opsi ini di daerah Tangerang, maka yang akan muncul adalah CCTV di daerah Serpong, Ciledug Raya, Pos Pengumben, Kebon Jeruk, Tomang hingga JORR-Fatmawati.

LM1 LM2 LM3 LM4
LM5 LM6 LM7 LM8

Berikutnya pada Route, Anda bisa memilih rute perjalanan mana yang tersedia yang akan Anda tempuh. Pilihannya antara lain Ancol ke Cawang via Priok, Buncit ke Semanggi, Cawang ke Pluit, Grogol ke Kebon Jeruk, Grogol ke Pancoran, Harmoni ke Tomang, Kebon Jeruk ke Tomang, Mangga Dua ke Matraman, Ragunan ke Kuningan, Semanggi ke Meruya, Serpong ke Semanggi, Sudirman ke Serpong, Thamrin ke Fatmawati, Tol Dalam Kota Jakarta dan Tomang ke Sudirman. Saat Anda pilih salah satu, maka aplikasi akan menampilkan CCTV di titik-titik yang akan Anda lalui.

Sementara menu Favorite adalah tempat Anda menyimpan CCTV dan rute favorit Anda atau yang sering Anda lewati. Tak hanya itu, Anda juga masih bisa mengakses beberapa fitur tambahan dengan menyentuh tombol opsi atau Menu (tiga garis). Di sana terdapat Traffic Update seperti yang Anda temukan pada Twitter atau Facebook LewatMana.com, Important Number untuk mengetahui nomor-nomor penting dan darurat, Directory untuk mencari tempat penting di sekitar Anda seperti bengkel, penginapan hingga temkpat rekreasi, serta Community.

Back to top button