Quantcast
BlackBerryTips

Tips Canggih BB10 #6: Amankan Handset BlackBerry 10 Dari Si Kecil

Tak jarang anak-anak meminjam ponsel atau tablet milik orang tua mereka untuk bermain, berfoto, atau menonton video lucu. Namun, namanya juga anak-anak. Ada saja hal yang tidak kita inginkan terjadi.

www.gigaom.com
www.gigaom.com

Contohnya adalah anak tak sengaja membeli aplikasi di App World, jahil meng-update status jejaring sosial kita, atau menginstal dan menghapus aplikasi di Z10. Daripada dimarahi, lebih baik jika kita melakukan pencegahan dengan mengatur fitur dan aplikasi apa saja yang bisa diakses si kecil dan yang tidak. Mudah kok, hanya membutuhkan beberapa langkah seperti di bawah ini.

1. Dari Beranda, masuk ke Pengaturan (Setting).
2. Pilih opsi Kontrol Orang Tua (Parental Control)
3. Di halaman berikutnya, Anda akan diberi pilihan fitur dan aplikasi apa saja yang ingin dibatasi. Aktifkan terlebih dahulu opsi Kontrol Orang Tua (Parental Control)untuk memilih salah satu atau beberapa dari daftar di bawah ini.

bb1 bb2 bb3

Panggilan telepon dari kontak saja
Ini akan mencegah si kecil menggunakan Z10 untuk menelepon sembarangan karena hanya nomor yang ada di daftar kontak Anda saja yang dapat dihubungi.

Pesan teks dari kontak saja
Hampir sama dengan sebelumnya, fungsi ini akan mencegah si kecil untuk mengirimkan SMS ke nomor yang Anda tidak kenali. Namun perlu diingat, kedua fungsi di atas juga akan mencegah panggilan telepon maupun SMS dari nomor lain masuk ke nomor Anda.

Fitur Kamera dan Video
Memebatasi penggunaan kamera, baik untuk memotret maupun merekam video.

Browser
Kuota Anda hampir habis? Aktifkan pencegahan penggunaan peramban agar si kecil tak dapat menggunakannya untuk berinternet.

Twitter/Facebook
Mencegah si kecil melakukan update status “yang tidak-tidak”. Istilahnya: dibajak.

Unggah ke YouTube
Menggunggah atau upload video ke YouTube membutuhkan penggunaan banyak data. Jika tidak berhati-hati, kuota Internet Anda bisa tersedot habis.

Setelan Akun Email
Nggak lucu kan kalau akun email Anda diubah menjadi akun email anak atau orang jahil lainnyaa?

Informasi Lokasi
Fitur ini memang membantu agar lokasi Anda berada mudah dikenali. Namun beberapa orang memilih untuk menonaktifkannya demi menghemat baterai. Jadi atur sesuai dengan kebutuhan, lalu atur agar tidak mudah diubah.

Beli Konten
Namanya juga membeli, pastinya menggunakan uang dong. Dalam kasus ini, biaya akan ditagihkan dalam rekening kartu kredit Anda. Jadi jangan sampai si kecil sembarangan membeli konten dari App World.

Instal/Hapus Aplikasi
Sembarangan mengisntal aplikasi akan memakan memori. Menghapus aplikasi yang masih Anda gunakan pastinya akan menyebalkan. Gunakan opsi ini untuk melindunginya.

BlackBerry World & Batasan Konten
Di sinilah semua konten berbayar – selain yang gratis – berada. Tak ada salahnya jika Anda membatasinya.

Back to top button