Review Lenovo IdeaPhone S720

Lenovo sedang gencar melempar pasar dengan smartphone yang tersedia dalam berbagai seri untuk banyak segmen sekaligus. Dari lima seri terbaru yang diperkenalkan awal tahun ini, S720 adalah salah satunya yang diperuntukkan bagi pengguna Stylish.

Tepatnya pada 13 Februari lalu, Lenovo meluncurkan S720 bersamaan dengan A690, A800, S890 dan P770. Kelas S memang memiliki makna “Style” yang menonjolkan estetika desain, di luar fitur lain yang dikandungnya. Lalu bagaimana dengan S720 yang dipasarkan dengan harga Rp2,5 juta tersebut?

Desain
Tampilan bodi S720 berwarna putih yang kami uji (warna lainnya yang tersedia adalah merah muda atau pink) sekilas nampak seperti HTC One X meski dengan bahan yang berbeda. Plastik yang digunakan oleh Lenovo terasa kesat di permukaan jari sehingga membuatnya mantap berada di genggaman. Di tengahnya dikeliling bagian yang dikelir layaknya stainless steel, menimbulkan kesan elegan sekaligus kokoh.

Di bagian depan, layar sentuh dengan bezel hitam yang cukup lebar tentunya mendominasi, dengan tambahan tiga tombol sensitif sentuh di besel layar bawah, kamera depan di samping <embrand Lenovo, serta dua baris lubang speaker yang berjejer di atas bezel layar S720.

lenovo_s720_02

Tiga tombol sensitif sentuhnya memiliki ikon berbeda dari smartphone Android kebanyakan – nampaknya Lenovo ingin memiliki ciri khasnya sendiri. Tombol kontrol volume ada di sisi kiri atas dengan bentuk sedikit menonjol, sementara di sisi kanan ada tombol rana kamera yang mulai banyak ditinggalkan vendor lainnya – padahal kami merasa kehadiran tombol khusus ini akan sangat membantu saat akan mengabadikan gambar maupun video. Di bawah selain terdapat port microUSB, juga terdapat lubang mikrofon, lubang tali yang tembus ke dalam, serta celah kecil untuk membuka casing.

Untuk mematikan dan menyalakan ponsel maupun mengaktifkan layar, Anda bisa mengakses tombol daya yang terdapat di sisi atas berdampingan dengan jack audio 3,5mm. Beralih ke sisi belakang, lensa kamera tampil dengan ukurannya yang besar serta tonjolan yang mencolok, namun sama sekali tidak norak. Kamera itu ditemani dengan lampu kilat yang berukuran jauh lebih kecil. Di bawah logo Lenovo, ada logo Dolby Digital Plus berseberangan dengan speaker kecil yang membuatnya makin berkelas.

Membuka casing belakang S720 tergolong mudah, meski menggunakan kuku pendek sekalipun. Di baliknya Anda akan menemukan slot kartu SIM ukuran normal sebanyak dua buah yang bertumpuk, serta slot microSD untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan. Ketiganya tidak bersifat hot swap, artinya Anda perlu mematikan ponsel dan membuka baterai untuk dapat memasukkan maupun mengeluarkan kartu dari tempatnya.

Fitur
Meski versi OS yang digunakan masih Android v4.0.4 Ice Cream Sandwich, S720 telah diperkaya dengan tampilan antarmuka yang sangat menarik – bisa dikatakan khas anak muda – dengan mengusung Glow Theme. Menggunakan tema tersebut, berbagai ikon khas Android akan ditampilkan lebih funky dan segar, lengkap efek cahaya berpendar seperti layaknya lampu neon. Sementara aplikasi lain seperti hasil unduhan, juga ditampilkan dengan bingkai lampu neon.

Selain itu terdapat tema lain yakni Fruit serta Android standar. Namun tak hanya tema, S720 juga memiliki beberapa Live Wallpaper baru selain beberapa pilihan standar Android seperti 3D Dandelion, 3D Lotous serta 3D Sea World. Jika Anda menginginkan lebih, Lenovo masih menyediakan opsi Video Wallpaper yang bisa Anda pilih dari koleksi pribadi, maupun bawaan yakni gambar awan bergerak menyesuaikan waktu dan kondisi cuaca saat ini.

Beberapa aplikasi bawaan S720 antara lain LeCalendar untuk mengatur berbagai kegiatan Anda antara lain; Lenovo PowerSaver yang akan membantu Anda dalam memanajemen daya baterai agar lebih awet, Magic Mirror yang akan mengaktifkan layar depan menjadi pemantul wajah agar Anda dapat bercermin. Meski hanya ditujukan sebagai pengganti cermin, Lenovo tetap menghadirkan fitur tambahan seperti bingkai, opsi memperhalus wajah agar semakin cantik, serta beberapa efek.

fitur

S720 juga memiliki fitur pencatat yang cukup lengkap, namanya Lenovo Note. Anda bisa melakukan handwriting alias menulis tangan serta menambahkan foto, video maupun suara pada catatan Anda. Fitur penyimpanan di awan juga dimiliki S720 lewat SugarSync, yang secara otomatis akan menyimpan foto dan video di server mereka dengan jatah 5GB. Lumayan bukan?

Meski mungkin saat ini sudah jarang Anda gunakan, Lenovo tetap membenamkan fitur Radio FM di S720. Yang canggih adalah, Anda tak perlu menancapkan headset yang akan berfungsi sebagai antena sebelum mendengarkan radio, karena S720 sudah menggunakan antena tertanam. Hiburan bawaan lain adalah dua game yakni Diamond Wonder dan Fishing Joy.

Performa
Layar S720 dapat dikatakan tidak istimewa tampilannya, namun tergolong baik untuk smartphone sekelasnya. Memang sih agak sulit menggunakannya di bawah terik matahari karena wajah akan memantul, sementara di dalam ruang pancarannya tidak sampai menyakitkan mata. Sentifitas sentuhnya juga tidak ada masalah, dengan respons hingga 5 titik sentuh dalam waktu bersamaan.

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Lenovo pada serinya kali ini adalah suntikan teknologi Dolby Digital Plus untuk meningkatkan keluaran suara. Ada dua mode yang dapat dipilih: musik atau film. Lalu bagaimana performanya? Menurut pengalaman kami, Dolby Digital Plus pada S720 hanya apik digunakan via speaker saja, karena suara yang keluar akan lebih bertenaga. Namun jika Anda mendengarkannya via headphone, performanya sangat jauh menurun bahkan bisa kami katakan “jelek”.

performa

Video yang bisa diputar oleh player milik S720 juga terbatas. Saat kami mencoba memutar video Full HD format MP4 berukuran kecil (sekitar 150MB), hanya audionya saja yang dapat didengar. Sementara untuk video HD 720p “Smurf” yang memang kami andalkan, dapat terputar dengan cukup baik namun teks tidak tertampil. Satu lagi, Anda tidak dapat mengatur kontrol durasi seperti untuk melompati film hingga ke menit ke sekian, misalnya. Ada kemungkinan hal tersebut dapat diatasi dengan memasang aplikasi pemutar video yang ada di Play Store.

Beralih ke kamera, resolusi 8MP pada kamera dengan harga dua jutaan rupiah tentu merupakan kabar baik. Berbagai fitur tambahan siap Anda gunakan, seperti mode pengambilan yakni Face Beauty, Multiple Capture, Panorama Mode, Mav Mode, Smile Shot, EV Bracket Shot, Auto Scene Detect, Low Light hingga HDR. Ada juga efek foto yang bisa diterapkan sebelum gambar diambil meliputi Wrap Effects (Wide Smile, Big Face, Square, Gobbler, Insect, Big Nose dan Long Face), berbagai macam bingkai, serta Life Effects (Lomo Blue, Antique, Grayscale, Fog, Paint, Magic Pen dan Sketch Gray).

performa

Sementara untuk video, resolusi maksimum yang bisa dihasilkan adalah HD 720p dengan beberapa efek standar yang dapat digunakan. Durasinya juga terbatas, yakni 60 menit saja selain 30 menit, 10 menit dan 30 detik. Untungnya ada opsi video light yang sangat membantu saat Anda harus merekam di dalam keremangan cahaya. Hasil foto dan video Lenovo S720 dapat Anda lihat pada galeri di bawah.

Foto & Video

Lenovo IdeaPhone S720 Lenovo IdeaPhone S720
Lenovo IdeaPhone S720 Lenovo IdeaPhone S720

Hasil benchmark S720 tergolong biasa saja. AnTuTu misalnya, menempatkannya di posisi ketiga dari bawah dengan skor 6302. Sementara Quadrant Standard mencatat poin 2606 di posisi kelima dari sembilan perangkat. Vellamo yang menguji kemampuan browsing perangkat ini memberikan posisi 14 dengan perolehan nilai pengujian 1116.

Untungnya, dengan berbagai hasil di atas, S720 tetap mampu menghadirkan performa lumayan dalam berbagai kegiatan. Termasuk saat kami mencoba game Dead Trigger yang bisa berjalan dengan baik. Sementara untuk baterainya juga tergolong awet karena mampu menyuplai daya hingga penggunaan seharian, meski faktor tersebut amat bergantung pada aktivitas Anda.

benchmark

Kesimpulan
Sebagai ponsel gaya, S720 sukses hadir dengan desain yang menarik plus antarmuka keren. Apalagi banderol harganya juga masih terjangkau bagi kebanyakan orang terutama anak muda yang jadi target sasaran vendor China ini. Performa keseluruhan tergolong baik meski memang bukan yang terbaik. Sayang memang Dolby Audio yang digadang-gadang ternyata kurang “nendang”. Namun bagi yang membutuhkan ponsel Android relatif terjangkau dengan desain cukup mewah, rasanya Lenovo S720 layak menjadi pertimbangan.

Yang Canggih
(+) Desain menarik
(+) Antarmuka lebih segar
(+) Dolby Digital Plus (speaker eksternal)
(+) Radio FM dengan antena built-in
(+) Harga relatif terjangkau

Yang Kurang
(-) Fitur Dolby kurang saat didengarkan via headphone
(-) RAM masih 512MB
(-) Hasil foto di kamera standar

Verified by MonsterInsights