Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Nikon Umumkan Coolpix A; Kamera Saku Pertamanya Dengan sensor APS-C

Mengikuti jejak Fujifilm menghadirkan kamera saku bersensor APS-C, Nikon kini hadir dengan produk terbarunya Nikon Coolpix A. Kamera saku yang masuk kategori premium ini menawarkan pengalaman memotret semudah kamera saku namun dengan hasil foto setara kamera DSLR.

Nikon Coolpix A-1

Kamera saku ini dirancang dengan menggunakan sensor CMOS berukuran APS-C, atau ukuran sensor yang sama seperti kamera DSLR kebanyakan. Dengan sensornya ini, Nikon CoolPix A mampu menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 16.2 megapixel serta merekam video beresolusi Full HD 1080p. Dan sama seperti Nikon D7100, Nikon Coolpix A juga tidak dilengkapi dengan optical low-pass filter yang biasa hadir di depan sensor.

Untuk membantu Anda membidik foto, kamera ini mengandalkan lensa wide NIKKOR 28mm dengan diafragma lensa F/2.8, sebuah layar LCD berukuran 3-inci dan hotshoe flash yang kompatibel dengan seluruh produk flash Nikon. Tersedia juga aksesori lubang intip (viewfinder) optikal DF-CP1 dan Wireless Mobile Adapter Nikon W1-A yang dapat digunakan untuk membantu Anda memotret dan terhubung ke perangkat tablet PC atau smartphone via WiFi. Pengaturan setting memotret juga lebih dimudahkan dengan adanya ring atau cincin putar di bagian lensanya. Konsep ini mirip seperti kamera prosumer merek lain seperti Panasonic Lumix LX7, Sony Cybershot RX100, dan sebagainya.

Bagi Anda yang gemar bereksperimen dengan pengambilan gambar, Nikon Coolpix A menyediakan mode memotret P/S/A/M dan dapat menghasilkan foto format RAW yang sama seperti kamera DSLR. Hadir juga beberapa efek filter untuk berkreasi dengan hasil foto dan mode Continuous shoot yang dapat menghasilkan foto sebanyak 4 frame per detik. Untuk baterai, Nikon Coolpix A menggunakan baterai yang juga digunakan Nikon 1 J-Series.

Nikon CoolPix A akan dipasarkan bulan Maret 2013 ini dengan harga sekitar US$1099.95 dan belum ada kabar kapan akan hadir di Indonesia.

Sekilas Fitur Nikon Coolpix A:
[table th=”0″] Sensor;CMOS APS-C
Resolusi;16.9 megapixel
ISO;”Auto, 100 – 6400″
Lensa;28 mm f/2.8 (fixed, non zoom)
Layar;”Layar 3-inci, 921.000 titik”
Video;Full HD 1080p (24, 25, 30fps)
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC
Berat;230 gram
Dimensi;111 x 64 x 40 mm
[/table]

Back to top button