[MWC 2013] Mozilla Gandeng ZTE, Alcatel, LG & Huawei Untuk Luncurkan OS Firefox

Mozilla akhirnya secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru besutan mereka, Firefox, di ajang Mobile World Congress 2013 Barcelona. Beberapa vendor top dunia diajak untuk menyediakan perangkatnya.

firefix os

Ya, Mozilla dengan bangga mengumumkan hal tersebut sekaligus kesepakatan dengan 18 operator di beberapa negara, kerja sama dengan Qualcomm yang akan menyediakan prosesor Snapdargon mereka untuk digunakan pada smartphone berbasis Firefox, serta ZTE, Alcatel, LG dan Huawei sebagai mitra vendor pemasok perangkat untuk saat ini dan ke depannya.

Sistem operasi Firefox menggunakan aplikasi berbasis HTML5 yang secara teknologi berjalan pada peramban Firefox yang sudah kita kenal selama ini. Dengan menyasar kelas entry level, tujuan utama dikembangkanya sistem operasi baru ini adalah untuk menciptakan open source OS, di mana pengembang berbasis web dapat dengan mudah menciptakan aplikasi lalu memasarkannya di Firefox Marketplace, pasar aplikasi layaknya Google PlayStore di Android.

Jika Anda memiliki aplikasi Firefox Aurora for Android di perangkat Android Anda, maka Anda bisa mengcek pasar aplikasi tersebut tanpa harus menggunakan Firfox OS. Beberapa yang sudah bisa ditemukan antara lain jejaring sosial Facebook dan Twitter, Nokia HERE, integrasi Box, serta beberapa game dari EA Mobile dan Disney Mobile Games.

Lewat OS ini, Mozilla menawarkan privasi, keamanan dan kostumisasi yang sama dengan peramban mereka. Firefox pun telah mendukung fitur video calling over Web RTC yang juga merupakan teknologi berbasis peramban, dan dapat juga dinikmati via aolikasi Firefox Aurora di Android. Lalu perangkat apa saja yang sudah tersedia untuk digunakan konsumen?

svg%3E

Setidaknya ada dua unit yang bisa Anda pilih. Pertama datang dari Alcatel lewat seri One Touch Fire yang menjalin kerja sama dengan operator China Unicom dan akan pertama kali meluncur di sana, menyusul Amerika Latin, Polandia dan Jerman.

zte open

One Touch Fire sendiri merupakan smartphone dengan layar 3.5 inci yang telah dilengkapi prosesor 1GHz dan RAM 256MB. Di sektor multimedia, Anda akan mendapat kamera 3.2MP yang hasil foto maupun videonya bisa Anda simpan di memori internal 512MB maupun microSD. Konektivitasnya antara lain 3G, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth serta GPS dengan peta Nokia HERE.

Selanjutnya adalah ZTE Open, yang juga memiliki spesifikasi mirip: layar 3,5 inci dengan resolusi HVGA, prosesor 1GHz Cortex-A5, RAM 256MB, memori internal 512MB, konektivitas 3G, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 3.0 dan GPS. Sayangnya tak disebutkan lebih jauh spesifikasi lengkap serta harga jualnya. Namun jika dihubungkan antara target Mozilla dengan spesifikasi kedua smartphone di atas, maka dua perangkat di atas kiranya akan dibanderol dengan harga tak sampai dua juta rupiah.

Sementara perangkat berbasis Firefox OS dari LG dan Huawei akan menyusul sepanjang tahun 2013 ini. Akankah sistem operasi baru ini akan dapat diterima masyarakat? Kapan konsumen tanah air dapat mencicipinya? Well, menarik untuk sama-sama kita nantikan.