Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetReview

Review XL Mobile Xurveillance

Kebutuhan akan perangkat keamanan saat ini semakin tinggi saja. Hal itu dipicu antara lain dkarena semakin tingginya tindak kriminal yang terjadi. Selain itu, para orang tua yang memiliki bayi atau balita di rumahnya juga ingin selalu dapat mengecek kondisi sang buah hati saat di rumah dalam asuhan.

XL bekerja sama dengan Ivio, salah satu vendor ponsel lokal, meluncurkan sebuah kamera pengintai berbasis GSM pada pertengahan tahun lalu. Mobile Xurveillance ini memiliki slot kartu SIM yang nampaknya di-lock untuk kartu XL saja. Bobotnya sangat ringan dan berbentuk lonjong layaknya telur.

Desain
Di sisi atas kamera ini terdapat tombol power yang akan menyala hanya dengan sekali tekan. Kemudian kamera di bawahnya dikelilingi oleh lampu infra merah yang memungkinkannya mengambil gambar di kondisi gelap tanpa cahaya. Sementara yang berbentuk seperti bola menonjol adalah sensor PIR atau passive infrared.

Kamera ini juga memiliki speaker dan mikrofon untuk komunikasi 2 arah layaknya ponsel. Di sisi belakangnya akan Anda temukan lubang untuk mengaitkan kamera pada paku, lubang untuk memasangkannya ke tripod, penutup baterai dan slot kartu SIM, serta lubang untuk penyangga (bracket) yang sudah termasuk dalam paket pembelian. Ngomong-ngomong soal baterai, menurut kami jenis baterai pada kamera ini agak ringkih terutama jika Anda sering melepas-pasang kartu.

desain

Fitur & Performa
Perangkat ini memerlukan beberapa pengaturan awal yang singkat untuk dapat digunakan. Semuanya sudah tercetak jelas dalam buku manual. Seperti ketika kami mencoba untuk mendaftarkan nomor utama (Master) via SMS maupun telepon ke nomor kamera, serta mengaktifkan alarm dan memerintah kamera untuk mengirim foto.

Mobile Xurveillance ini memiliki beberapa fitur menarik selain Remote Photo tersebut, seperti memerintahkan perangkat untuk rutin mengirim foto dalam waktu tertentu, mendengarkan suara di sekitar kamera, berbicara kepada obyek di sekitar kamera, hingga pendeteksi gerakan yang tertangkap oleh kamera.

Untuk yang terakhir disebutkan, setelah kamera menangkap adanya gerakan, kamera akan mengambil foto lalu mengirimkannya kepada nomor yang telah diset sebagai penerima, yakni nomor utama dan beberapa nomor keluarga lainnya hingga maksimum ke 11 nomor XL. Oh ya, jangan lupa, Anda harus menghubungkan terus kamera dengan listrik sehingga tak sampai kehabisan daya. Jika kebetulan listrik padam, maka baterai di kamera akan mampu menyuplai daya selama beberapa jam.

Perintah dengan mudah dilakukan via SMS.
Perintah dengan mudah dilakukan via SMS.

Kesimpulan
Dengan merogoh kocek sekitar Rp1,3 jutaan, Anda akan mendapat XL Mobile Xurveillance dengan garansi 1 tahun. Tersedia paket langganan data agar Anda tak repot atau bingung lagi soal pengeluaran pulsa di nomor perangkat. Dengan Rp25 ribu tiap bulan, Anda akan mendapatkan 100 MMS serta 1000 SMS untuk keperluan pengintaian.

Sayangnya, kamera ini masih terbatas hanya untuk melakukan kontrol via gambar, bukan video yang lebih akurat. Meski begitu, hadirnya lampu infra merah tentu merupakan kabar baik yang akan membantu Anda memantau lokasi tak bercahaya sekalipun.

Yang canggih:
(+) Pengoperasian mudah
(+) Harga relatif terjangkau
(+) Mode infra merah
(+) Sensor gerak
(+) Garansi 1 tahun
(+) Mendukung hingga 11 nomor
(+) Perintah SMS mudah, tidak ribet

Yang kurang:
(-) Hanya untuk pengguna XL
(-) Belum mendukung video

Back to top button