BlackBerry Luncurkan OS BB10, Hadirkan BlackBerry Q10 & Z10

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah, mulai hari ini, 30 Januari 2013 waktu Amerika Serikat, Research In Motion atau RIM telah berganti nama menjadi BlackBerry.

bb 10

Thorstein Heins, CEO BlackBerry, mengumumkan hal tersebut dalam acara yang berlangsung di New York dini hari tadi, “mengakhiri” kiprah RIM yang didirikan sejak 1984 oleh Mike Lazaridis di Kanada. Tagline yang diusung BlackBerry adalah “One Brand, One Promise.”

“Mulai hari ini, kami adalah BlackBerry di manapun di dunia.”

Sementara BlackBerry 10 OS yang diperkenalkan merupakan perombakan besar-besaran dari sistem operasi BlackBerry yang kita kenal selama ini. BlackBerry Hub salah satunya, yang merupakan “universal inbox” tempat Anda mengakses semua kebutuhan email, SMS serta notifikasi berbagai jejaring sosial yang kini semakin terintegrasi. Hub bisa Anda akses dari hampir semua halaman dengan gestur sederhana. BB 10 OS juga memiliki fitur kalender cerdas yang akan mengumpulkan data dari kontak Anda – apakah itu jadwal pertemuan atau ulang tahun – ke dalam kalender. Bukan hal yang benar-benar baru sih, mengingat di Android kita sudah lama dapat menikmati layanan ini.

Berikutnya masuk ke sektor multimedia, di mana BlackBerry telah membenamkan fitur Time Shift yang memungkinkan Anda memilih momen terbaik dari obyek yang Anda foto. Sementara fitur Story Maker akan membuat gabungan foto dan video Anda menjadi sebuah cerita yang bisa dibagikan ke teman-teman via jejaring sosial. BlackBerry mengklaim ada lebih dari 70 ribu aplikasi yang sudah dapat diunduh termasuk game favorit Angry Birds dan berbagai jejaring sosial seperti Facebook dan Linkedin.

Keyboard virtual pada BB 10 OS merupakan fitur yang mengalami upgrade signifikan. Ia akan memprediksi kata apa yang sedang Anda tulis dengan menampilkannya berupa pop-up di atas keyboard, serta kata apa yang Anda akan ketikkan berkutnya. Hanya tinggal menyapukan kata yang Anda inginkan ke area ketik, maka kata tersebut otomatis akan “masuk”.

Selain itu berbagai fitur juga ditambahkan maupun ditingkatkan, seperti BlackBerry Balance untuk memudahkan Anda menggunakan BlackBerry sebagai perangkat kerja maupun perangkat komunikasi pribadi, serta BlackBerry Messenger yang kini sudah mendukung video chat.

Tentu saja kita memerlukan perangkat fisik yang juga baru. BlackBerry juga telah mengumumkan kehadiran dua perangkat terbarunya, BlackBerry Q10 dan Z10, yang memiliki konsep desain berbeda. Jika Q10 hadir dengan keyboard fisik khas BlackBerry, maka Z10 akan tampil layaknya iPhone maupun smartphone Android kebanyakan yang mengandalkan layar sentuh. Sekilas, desain Z10 memang memiliki kemiripan dengan iPhone 5.

blackberry2

Kabarnya, kedua smartphone BlackBerry terbaru tersebut akan dibanderol di atas 7 juta rupiah. Lalu kapankah Indonesia dapat mencicipinya? Sebagai salah satu pasar potensial BlackBerry, nampaknya dalam waktu dekat BlackBerry Z10 akan segera mendarat di Tanah Air, menyusul kemudian Q10. Nantikan saja ulasannya di yangcanggih.com.

Verified by MonsterInsights