Quantcast
KomputerNewsPilihan

[Nostalgia] IBM RAMAC 305: Komputer Dengan Hard Disk Pertama di Tahun 1956

Flash disk mungil yang mampu menampung data dalam hitungan ratusan GB (gigabyte) tidak lagi menjadi hal yang menakjubkan. Padahal di awal tahun 90an, kapasitas hard disk rata-rata masih berkisar antara 40 MB sampai 80 MB.

RAMAC-EngProtoType-
Nah, kita akan nostalgia ke tahun 1956. Saat itu IBM memperkenalkan RAMAC yang merupakan kependekan dari Random Access Method of Accounting and Control. Perangkat tersebut mengusung inovasi yang penting dalam dunia penyimpanan data. IBM 305 RAMAC merupakan komputer pertama yang menggunakan hard drive dengan head bergerak yang disebut IBM 350 Disk File.

ibm-305-ramacSaat itu, dunia komputer masih menggunakan punch card untuk menyimpan data. RAMAC 305 menjadi solusi baru penyimpanan data yang lebih efektif saat itu karena mampu menyimpan data setara dengan 64 ribu punch card, ke dalam 50 disk magnetik berukuran 24 inci. Disk magnetik ini diakses dengan dua lengan mekanik yang dikendalikan tabung vakum. Seberapa besar ukuran RAMAC? Kira-kira sebesar dua kulkas yang besar dengan tinggi lebih dari 1,5 meter. Untuk menyimpannya, dibutuhkan ruangan sekitar 9×15 meter. Bobotnya juga lumayan berat, sekitar satu ton, sehingga dibutuhkan forklift untuk memindahkannya.

RAMAC juga merupakan komputer pertama yang menawarkan akses data secara random atau acak. Media penyimpanan sebelumnya, seperti kaset, mengharuskan penggunanya untuk menjalankannya dari awal sampai akhir untuk menemukan sebuah informasi. Analoginya seperti mencari lagu di kaset biasa berbanding mencari lagu di CD. Jadi kelebihannya cukup jelas dan penting.

Tentunya IBM 305 RAMAC ini lebih ditujukan untuk perusahaan besar mengingat saat itu konsep komputer pribadi masih belum ada. Komputer canggih ini disewakan seharga US$3200 per bulan, jumlah yang sangat fantastis untuk tahun 1957. Harga jualnya sendiri mencapai US$160.000.

Sebenarnya seberapa besar sih kapasitas data yang dimilikinya? Sangat besar untuk masa itu, yaitu 5 MB.

Back to top button