Qugo: Kendaraan Listrik Pribadi untuk Perkotaan

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kemacetan tanpa menambah polusi adalah menggunakan sepeda. Namun bersepeda akan membuat Anda mandi keringat dan lelah. Mungkin kendaraan praktis dan canggih bernama Qugo berikut dapat menjadi solusinya.

Qugo-1

Qugo dibuat oleh perusahaan Belanda Urban Mobility Europe. Kendaraan ini dirancang untuk gaya hidup urban di perkotaan dengan mengusung konsep elektrik dan ramah lingkungan seperti motor listrik. Meski konsepnya sama dengan motor listrik, namun Qugo tidak hadir dalam wujud motor dengan 2 roda. Qugo hadir 3 roda. Sebuah roda besar di depan dan 2 roda kecil di bagian belakang yang disambung oleh rangka alumunium yang sangat ringan. Sekilas,

svg%3E

Sama seperti motor, pada bagian stang kanan Qugo terdapat tuas gas dan tersedia tuas rem di kiri kanan. Untuk mengendarainya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu berdiri dan menarik tuas gas. Kendaraan ini dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 25 km/jam dan ditenagai oleh baterai Li-ion berkekuatan 36V atau 48V 9-12Ah.

Dengan sekali isi ulang, baterai Qugo dapat digunakan untuk menempuh jarak sekitar 25 km. Sistem rem yang diusungnya juga cukup menarik karena ketiga rodanya telah dilengkapi dengan sistem rem bermodel cakram. Dan untuk menghemat tempat saat menyimpannya, bagian setangnya ini dapat dilipat agar dapat dibawa dengan mudah.

Saat ini Qugo hanya tersedia di beberapa negara saja. Di Indonesia sendiri, Qugo belum tersedia. Untuk informasi harga, masih belum diumumkan secara resmi.