Quantcast
KomputerPC DesktopReviewSMART Home

Review Giada i53

Bicara soal PC berukuran mini, kami yakin Anda akan langsung teringat dengan produk komputer ukuran mini keluaran Apple, Mac Mini. Dan baru-baru ini juga Intel telah memperkenalkan PC berukuran mini milikinya yang disebut Intel NUC yang kehadirannya di Indonesia belum ditemukan titik terang. Produk mini PC yang akan kami review berikut ini bukanlah Mac mini atau Intel Nuc, tapi sebuah mini PC dari produsen Taiwan yang bernama Giada. Penasaran dengan performanya? Simak reviewnya berikut ini..

Konsep dan Desain
Masuk pasar Indonesia dengan menghadirkan mini PC, Giada mencoba menawarkan solusi perangkat komputasi bagi Anda yang ingin menghemat tempat. Hal ini diwujudkan dengan kemasannya yang amat mungil dan hanya sebesar buku tulis. Dalam paket pembeliannya juga tersedia sebuah dudukan kaki yang berguna untuk membuatnya berdiri.

Giada mini PC 2

Desainnya sendiri juga cukup minimalis. Casingnya terbuat dari bahan plastik dan tersedia dalam 2 warna pilihan hitam dan putih. Mini PC ini lebih cocok digunakan dalam posisi berdiri. Karena di samping kiri kanan bawah bodinya terdapat lubang kisi-kisi yang berguna untuk sirkulasi udara.

Giada i53 stand

Selain telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth terintegrasi, tersedia beberapa port konektivitas pada Giada i53. Port konektivitasnya ini tersusun di bagian atas dan belakang bodinya. Di bagian belakang hadir port HDMI, port VGA, port Ethernet, port AC Adapter dan 4 port USB 2.0. Secara keseluruhan penempatan seluruh port konektivitas pada bagian belakangnya cukup baik dan mudah dijangkau. Terutama 4 port USB 2.0 yang tersusun rapih dengan adanya sedikit jarak yang cukup berjauhan. Ini memungkinan Anda untuk dapat menancapkan perangkat USB lebih dari satu tanpa harus menggangu port yang lain. Dan Dibagian atasnya hadir sebuah slot pembaca kartu memori, port USB 3.0, port audio jack dan port mic yang bersembunyi dibalik sebuah penutup. Di bagian depan hanya terdapat tombol power dan absen CD-ROM/DVD-ROM yang sebenarnya masih cukup berguna.

Giada i53 port

Performa
Dalam kemasan yang mini, Giada i53 dibekali dengan komponen yang yang cukup bertenaga. Tersedia pilihan konfigurasi dari prosesor generasi ketiga Intel, Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7. Yang kami review berikut ini adalah Giada i53 yang menggunakan prosesor Intel Core i5-3317U dengan dukungan memori RAM DDR3 sebesar 4GB dan penggunaan kartu grafis dari Intel HD 4000. Dengan spesifikasi yang diusungnya ini, performa Giada i53 cukup bertenaga dan tidak dapat diremehkan. Penggunaan prosesor Intel Core i5-3317U dengan kode “U”, menandakan Ultra Low Voltage, membuat performanya tidak berbeda jauh dengan Ultrabook yang juga memakai prosesor serupa. Ini artinya Giada i53 cukup handal dalam hal performa, juga sekaligus hemat konsumsi listrik dan tidak cepat panas.

Untuk melihat lebih jauh performa keseluruhannya dapat dilihat pada hasil benchmark dengan menggunakan aplikasi Cinebench berikut ini.

Giada i53 benchmark

Penggunaan kartu grafis Intel HD 4000 memang membuatnya sangat terbatas untuk bermain game. Apalagi bermain game-game 3D dengan grafis berat seperti saat ini tentu Giada i53 tidak akan sanggup memainkannya. Tapi jika sekedar untuk bermain game 3D dengan grafis sederhana dan tidak kompleks, Giada i53 masih cukup mumpuni untuk memainkannya.

Untuk penggunaan sehari-hari, kinerjanya cukup terasa kencang. Browsing web lewat koneksi Wi-Fi yang dimilikinya sembari mengolah foto menggunakan program Adobe Photoshop CS6 dan membuka aplikasi microsoft office dapat dilakukan tanpa masalah dan tidak terasa lag. Dengan mini PC ini, kebutuhan multimedia juga akan terpenuhi. Anda dapat memutar konten video HD hingga Full HD dengan lancar dan dapat menyimpan seluruh koleksi video Anda di hard disk berkapasitas 500GB yang dimilikinya.

Kesimpulan
Giada i53 mempunyai segalanya yang dibutuhkan untuk perangkat mini PC yang ideal. Dengan banderol harga yang relatif tinggi sekitar US$559 Anda dapat menikmati kinerja komputasinya yang cukup tinggi, kemasan yang hemat tempat dan irit konsumsi listrik membuatnya cocok untuk kebutuhan komputasi sehari-hari di rumah atau kantor. Giada i53 juga cocok dipertimbangkan bagi Anda yang ingin memiliki sebuah HTPC dan dalam paket pembeliannya Anda juga akan menemukan sebuah remote yang berguna untuk mengendalikannya dari jarak jauh. Jika dilengkapi dengan Blu-Ray Drive tentu Giada i53 akan lebih sempurna dan menjadi sebuah mesin multimedia yang handal untuk pelengkap hiburan Anda di rumah.

Artikel terkait

Back to top button