Preview: Samsung ATIV Smart PC dan Smart PC Pro

svg%3E
Serbuan gadget berbasis Windows 8 akan segera kita rasakan dalam beberapa minggu mendatang. Kami sendiri memulainya dengan Samsung ATIV Smart PC dan Smart PC Pro yang pernah dibahas di sini. Secara singkat, kedua produk tersebut sama-sama mengusung Windows 8. Perbedaannya terletak pada spesifikasi saja. Jika Smart PC menggunakan prosesor Atom Clover Trail terbaru, Smart PC Pro menggunakan prosesor Intel Core i5 yang jauh lebih bertenaga. Harga juga cukup berbeda, dengan Smart PC rencananya akan dijual di kisaran 7 jutaan rupiah sementara Smart PC Pro di kisaran 11 jutaan rupiah.

svg%3E

Kami sempat menguliknya sesaat waktu menghadiri ajang Galaxy Note II World Tour beberapa hari lalu dan inilah beberapa kesan singkat kami.

svg%3E
  • Desainnya identik dengan Galaxy Tab 10.1, dengan perbedaan pada tambahan tombol Windows di tengah sisi bingkai yang melebar.
  • Tidak ada banyak perbedaan dari sisi desain antara ATIV Smart PC dan Smart PC Pro. Yang paling kentara adalah warna casing bagian belakangnya.
  • Bodinya termasuk ringan dan cukup nyaman saat digenggam.
  • Performa Windows 8 di Smart PC (berbasis prosesor Atom terbaru) cukup baik dan tidak seperti netbook Atom yang beredar saat ini.
  • Keyboard yang dapat dilepas sudah termasuk dalam paket. Desainnya agak mirip seperti keyboard MacBook Air.

Satu hal yang membedakannya dengan tablet Windows 8 merk lain adalah dimasukkan fitur S-Pen yang ada di Galaxy Note ke dalam Samsung ATIV Smart PC dan Smart PC Pro. Selain menyertakan pena stylus andalannya, Samsung juga membenamkan beberapa aplikasi penunjang S-Pen ke dalam Ativ. Masih terlalu dini untuk menilai apakah Ativ Smart PC dan Smart PC Pro akan cocok bagi Anda. Jadi nantikan ulasannya di sini ya.