Quantcast
Audio VideoMobile GadgetNews

Trio Apple iPod Baru: Super Tipis Penuh Warna

Ternyata Apple tidak melupakan gadget pemutar MP3 yang membesarkan namanya. Bahkan Apple langsung memperkenalkan model terbaru untuk tiga jajaran iPod yaitu iPod Touch, iPod Nano dan iPod Shuffle.

ipod shuffle 2012
Kita mulai dari yang terkecil, iPod Shuffle. Pemutar MP3 mungil tanpa layar ini sekarang hadir dalam berbagai pilihan warna. Satu fitur tambahan adalah VoiceOver. Tekan tombol ini dan informasi judul lagu, judul playlist dan status baterai akan dibacakan dari pilihan 29 bahasa. Anda bisa mendapatkan Shuffle baru berkapasitas 2GB ini hanya dengan US$49.

ipod nano family
Menurut saya, iPod Nano terbaru atau generasi ketujuh ini mengalami perombakan yang kurang menggembirakan. Salah satu kehebohan iPod Nano generasi keenam adalah ukurannya yang mungil sehingga saat disandingkan dengan aksesoris yang tepat, dapat menjadi jam tangan digital yang keren. Nah, kini aksesoris tali jam tangan tersebut tidak dapat dipakai di iPod Nano generasi 7 yang menganut desain dan ukuran berbeda. Harga resmi Nano adalah US$149.

iPod Nano kini memiliki layar sentuh Multi-Touch 2,5 inci dan mendukung pemutaran video. Pilihan kapasitas sekarang hanya terbatas 16GB saja. Untuk desain, Nano tersedia dalam pilihan 7 warna menarik; silver, ungu, biru, kuning, hijau, hitam dan merah muda. iPod Nano juga dirancang untuk menemani Anda berolahraga dengan adanya dukungan Nike+ dan pedometer terintegrasi di dalamnya. Menggunakan fitur Bluetooth, Anda dapat menggunakan headphone wireless atau pemantau detak jantung. Sayang Anda tidak bisa menggunakannya sebagai jam tangan… Tapi jangan pesimis dulu sih. Siapa tahu akan muncul aksesoris yang kreatif untuk Nano generasi 7 ini.

new ipod touch 3
Yang terakhir dan paling menarik adalah iPod Touch terbaru generasi 5. Apple telah mengubah total desain iPod Touch. Hilang sudah bodi bagian belakang yang rentan terhadap goresan. Gantinya, iPod Touch menggunakan bahan anodized aluminum yang digunakan di jajaran MacBook. Anda juga dimanjakan dengan 5 pilihan warna case yaitu hitam, silver, biru, kuning, dan merah muda. iPod Touch generasi kelima ini juga merupakan iPod Touch paling ringan (88 gram) dan paling tipis (6,1mm) sepanjang sejarah. Bagi pengguna yang ceroboh, Apple iPod Touch juga mengakomodir tali loop yang inovatif.

Tapi keunggulan iPod Touch sesungguhnya terletak di bagian dalamnya. Apple telah menanamkan prosesor Apple A5 Dual-Core yang bertenaga. Hasilnya, iPod Touch kini 2x lebih cepat dalam hal pemrosesan data dan 7x lebih cepat untuk urusan grafis dibandingkan iPod Touch generasi 4. Daya tahan baterai juga tetap panjang. Anda dapat memutar musik selama 40 jam atau video selama 8 jam. Bagi yang kecewa dengan performa kamera di generasi sebelumnya, kini ceritanya agak berbeda. Apple memasukkan kamera iSight 5 megapixel dengan flash LED, Panorama dan face detection. Untuk video, kamera ini mampu merekam video beresolusi 1080p. Kamera FaceTime HD di bagian depan juga meningkat, dengan kemampuan menangkap foto 1,2 megapixel dan video HD 720p.

Jika dilihat lagi, hampir semua fitur iPhone 5 dimiliki oleh iPod Touch, mulai dari layar Retina Display 4 inci (1136×640 pixel), Siri, Bluetooth 4.0, dan dukungan aplikasi. iPod Touch dipasarkan mulai dari US$299 untuk versi 32GB dan US399 untuk versi 64GB.

Dua hal baru yang dimiliki oleh semua iPod dan iPhone yang diumumkan kemarin adalah EarPods dan Lightning connector yang baru. Anda dapat membeli adaptor jika ingin menghubungkan aksesoris lama ke iPod yang baru ini.

Satu komentar

Back to top button