Western Digital Kembangkan Hard disk Setebal 5 milimeter

svg%3E

Dimensi ketebalan standard hard disk laptop saat ini adalah 9.5mm. Sementara Ultrabook yang berbodi lebih tipis menggunakan hard disk yang setebal 7mm. Nah, pernahkah Anda membayangkan jika kedepannya hard disk yang digunakan hanya setebal 5mm? Berarti ketebalan sebuah ultrabook tentu saja akan semakin tipis dan lebih ringan.

svg%3E

Itulah yang sekarang sedang dikerjakan oleh Western Digital. Perusahaan ini telah memulai proses pembuatan sampel hard disk yang hanya setebal 5mm dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 500GB. Teknologi hard disk baru dari Western Digital ini mengusung teknologi hybrid. Teknologi hybrid ini mengombinasikan media penyimpanan MLC NAND flash dan magnetic disk tradisional. Penggunaan MLC NAND flash lebih berfungsi untuk memberikan performa secepat SSD dalam hal booting dan untuk mendukung fitur “instant on” yang dimiliki Ultrabook. Sementara data yang lebih jarang diakses, seperti file-file dokumen, akan ditangani oleh media penyimpanan magnetic disk seperti hardisk pada umumnya.

Saat ini baru tercatat dua vendor yang berminat dengan teknologi ini yaitu Acer dan Asus. Vendor besar asal Taiwan ini telah mengumumkan akan menggunakan hard disk hybrid tipis untuk produk Ultrabook generasi terbaru mereka. Apakah 5 milimeter merupakan ketebalan paling tipis yang bisa dihasilkan? Kita lihat saja nanti.

Verified by MonsterInsights