Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Samsung GALAXY Camera: Kamera Digital 16 Megapixel Dengan Android 4.1

samsung galaxy camera

Setelah Nikon yang mengeluarkan kamera digital saku dengan sistem operasi Android, kini giliran Samsung yang mengeluarkan produk serupa. Di ajang IFA 2012, Samsung mengumumkan kehadiran GALAXY Camera. Keunikannya, kamera ini telah dilengkapi sistem operasi Google Android 4.1 atau Jelly Bean.

“GALAXY Camera membuka era komunikasi visual baru dan pergeseran paradigma komunikasi. Dengan semakin berkembangnya jejaring sosial dan menjamurnya smartphone dan tablet, orang kini berkomunikasi lebih cepat dari bicara. Dengan semakin seringnya kita mengungkapkan ide atau melalui gambar dan video, GALAXY Camera telah diciptakan untuk memimpin era komunikasi visual ini. Komunikasi akan menjadi lebih jelas dan hidup dengan gambar-gambar berkualitas tinggi yang dapat dibagikan di mana pun dan kapan pun,” kata JK SHin, Presiden IT & Mobile Communications Division di Samsung Electronics.

Pertama kita akan mengintip kemampuan kameranya. Dengan sensor CMOS BSI (Back-Side Illumination) 16 megapixel 1/2,3″ dan lensa zoom optical 21x (23-481mm)dengan OIS (optical image stabilizer), GALAXY Camera berdiri sejajar dengan kamera saku menengah ke atas. Di bagian belakang, Anda akan menemukan layar 4,8 inci HD Super CLear LCD yang jauh lebih lega dibandingkan layar kamera digital kebanyakan. Pengaturan zoom lensa juga dapat dilakukan menggunakan layar sentuh atau tombol fisik.

Terdapat fitur “Smart Pro” yang memudahkan penggunanya untuk mengatur pemotretan. Dengan GALAXY Camera, kita dapat memilih dari beberapa pilihan skenario yang ada untuk mengatur setting kamera secara otomatis sehingga hasil fotonya lebih optimal. Sepertinya fitur ini mirip seperti Scene Mode tapi untuk kondisi yang berbeda.

Berkat OS Android, ada dua hal menarik yang ditawarkan GALAXY Camera. Yang pertama, tersedianya fungsi penyunting foto (photo-editor) yang lebih baik dibandingkan kamera digital biasa. Samsung menyebutnya Photo Wizard. Lagi-lagi berbeda dengan kamera digital biasa, proses penyuntingan foto akan dapat dilakukan lebih lancar mengingat kamera ini telah dilengkapi prosesor quad-core 1,4GHz yang masih belum diungkap detailnya. Fitur pintar selanjutnya antara lain adalah Auto Face Calibration dan Movie Wizard untuk menyunting hasil video.

Hal menarik kedua adalah pengaturan konten yang lebih canggih. GALAXY Camera dilengkapi “Smart Content Manager” yang dapat secara pintar menciptakan folder, menandai wajah dan bahkan mengusulkan agar sebuah foto dihapus jika termasuk jelek.

Bagi yang ingin memastikan datanya aman, Samsung GALAXY Camera juga mendukung fitur “Auto Cloud Backup” yang menyimpan foto secara otomatis via koneksi Wi-Fi atau 3G. Nantinya Samsung GALAXY Camera akan hadir dalam dua pilihan konektivitas: versi 3G + Wi-Fi dan 4G + Wi-Fi. Meskipun begitu, Anda tidak bisa menelpon dengan GALAXY Camera. Jadi klasifikasinya cukup jelas. Ini adalah kamera digital yang “kebetulan” dilengkapi sistem operasi Android.

Untuk harga, sementara belum diumumkan, tapi sepertinya akan setara dengan smartphone Android kelas atas. Saya prediksikan harganya ada di kisaran 6 juta rupiah. Bagaimana pendapat Anda?

Spesifikasi Samsung GALAXY Camera:

Sensor: CMOS-BSI 16 megapixel 1/2,3″
Prosesor: Quad Core 1,4GHz
Lensa: 23 – 481mm (21x optical zoom)
Layar: HD Super Clear Touch 4,8 inci (308 ppi)
Video: 1920×1080 pixel (30fps), 720×380 (120fps) dalam format MPEG-4 dan H.264
Memori: Internal 8GB + micro SD/micro SDHC/micro SDXC
Koneksi: Wi-Fi, 3G/4G, HDMI.
Berat: 305 gram
Ukuran: 129 x 71 x 19 mm

Back to top button