Archos Meluncurkan Tablet 101 XS

Upaya Archos untuk mendapat posisi depan dalam perlombaan tablet memang patut diacungi jempol. Setelah awal bulan lalu mereka mengeluarkan tablet Carbon 97, dan seri G9 Turbo sekitar akhir Maret lalu, kini Archos kembali meluncurkan seri tablet Android baru. Seri tablet Android terbaru ini diberi nama Archo Gen10 XS dan tablet Archos 101 XS yang menjadi ujung tombaknya.

Sesuai namanya, tablet Android ini memiliki ukuran layar 10.1 inci dengan resolusi 1280 x 800 serta desain yang ultra tipis. Archos juga mengikuti tren tablet masa dewasa ini dengan menyertakan sebuah keyboard dock yang memiliki desain cukup unik. Untuk menjaga tablet menyatu dengan keyboard, dock tersebut menggunakan magnet dan bukan engsel seperti yang biasa ditemukan.

svg%3E

Seperti Carbon 97, 101 XS ini memiliki OS Android 4.0.23 Ice Cream Sandwich dan ditenagai oleh prosesor OMAP 4470 CPU Dual Core 1.5 Ghz dengan GPU PowerVR SGX544 dan RAM 1GB. Archos juga menanamkan media penyimpanan internal berkapasitas 16GB yang dapat ditambah hingga 64GB dengan kartu MicroSD SDXC. Sedangkan konektivitas lainnya meliputi Bluetooth 4.0, Micro USB, dan Mini HDMI. Sayangnya, tablet ini hanya memiliki sebuah kamera depan dengan resolusi 720p.

Dengan ukuran yang lebih besar, fitur yang premium serta tambahan keyboard dock, tidak heran jika harganya lebih mahal dari seri Carbon 97. Archos 101 XS ini rencananya akan dijual dengan harga yang cukup menarik yakni US$399 – cukup murah untuk menyaingi ASUS Transformer Prime. Namun untuk ketersediaannya di pasar lokal masih belum jelas.