TV 3D 84 inci Dengan Resolusi Gambar Ultra Definition Pertama di Dunia dari LG

Last updated:

Perlombaan teknologi televisi memang tidak seagresif gadget mobile, namun bukan berarti tidak pertempuran tersebut tidak sengit. LG sebagai salah satu pemimpin pasar televisi dunia menyerang kompetitor-kompetitornya dengan meluncurkan TV 3D terbesar di dunia dengan resolusi Ultra Definition.

84LM9600 large 01

“Pasar TV layar datar dengan kualitas Ultra Definition saat ini masih dalam masa pertumbuhan. Sebagai produsen TV layar datar tingkat global, penting bagi LG untuk menjadi yang terdepan di dalamnya. 3D TV Ultra Definition terbaru LG ini mewakili sebuah tingkatan baru bagi pengalaman menonton tayangan 3D di rumah melalui setiap teknologi canggih yang kami cangkokkan ke dalamnya.”

– Havis Kwon, Presiden & CEO LG Electronics Home Entertainment Company

Seri 84LM9600 yang diumumkan kali inimenawarkan resolusi empat kali (3840×2160, atau disebut juga 4K) dibanding dengan panel TV Full HD. Keistimewaan tersebut lahir dari ‘mesin canggih’ LG Triple XD Engine yang dibenamkan di dalamnya. Bahkan dengan tambahan fitur Resolution Upscaler Plus, memungkinkan gambar dari sumber eksternal seperti hard drive dan konten website tertayangkan dengan detail yang lebih rinci.

Seperti TV 3D besutan LG, TV raksasa ini dilengkapi teknologi CINEMA 3D berkacamata pasif. Di luar itu, terdapat fitur-fitur premium lainnya seperti 3D Depth Control yang memampukan pengguna untuk mengatur kedalaman efek 3D sesuai dengan seleranya. Kemudian LG juga tidak lupa menanamkan fitur 2D to 3D convertion untuk mengubah semua konten 2D biasa menjadi 3D. Terakhir ada fitur Dual Play Screen yang memungkinkan tiap pemain mendapat tampilan layar utuh dengan sudut pandang berbeda bagi masing-masing pemain lewat kacamata khusus Dual Play 3D.

lg tv lm9600 gallery06

Tidak hanya visual saja, LG juga menyertakan fitur Sound Zooming untuk menciptakan tata suara bernuansa 3D, sehingga kedalaman bunyi objek akan berbeda sesuai dengan jarak dan pergerakannya. Kerja fitur 3D Sound Zooming ini mendapat dukungan penuh sistem audio dengan kanal 2.2 (2.2 channel speaker system) serta dua buah speaker berkekuatan bunyi 10W ditambah dua buah sub-woofer yang masing-masing berdaya bunyi 15W.

Sebagai sebuah 3D TV, LG 3D TV Ultra Definition 84inch ini pun dapat berfungsi penuh sebagai sebuah TV pintar (smart TV). Dengan mencangkokkan kepintaran yang telah ada dalam seri smart TV LG sebelumnya, pengguna LG 3D TV Ultra Definition 84inch akan dapat menikmati 1,400 aplikasi dari berbagai jenis.

LG TV 84LM9600 saat ini masih terbatas pada pasar Korea Selatan saja, namun LG memastikan LG 3D TV Ultra Definition 84inch akan segera memasuki pasar Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan dataran Asia secara terpisah mulai pada bulan September. Harganya? Dikabarkan LG membanderol TV 3D raksasa ini seharga 25 juta Won atau kira-kira Rp 208 juta saja. Berminat?