Panasonic Hadirkan Lumix G5 dan Lensa G VARIO 45-150 mm/F4.0-5.6

svg%3E

Setelah beberapa waktu yang lalu merilis Lumix DMC-GF5, Panasonic kini secara resmi menghadirkan keluarga baru kamera bersensor 4/3 dari lini G-series, yaitu Panasonic Lumix DMC-G5.

Panasonic Lumix DMC-G5 hadir dengan desain handle grip yang besar ala DSLR serta ukuran yang lebih besar dari Panasonic Lumix GF-series. Satu hal lagi yang membedakannya dengan GF Series adalah tersedianya viewfinder elektronik terintegrasi. Bahkan viewfinder elektronik G5 telah dilengkapi sensor mata, sehingga Anda tinggal mendekatkan mata ke viewfinder untuk menyalakannya.

G5 mengemas sensor Live MOS 16 megapixel dan chip prosesor Venus Engine VII FHD terbaru, untuk menghasilkan gambar foto atau video hingga 1080p yang lebih tajam dibandingkan sebelumnya. Penggunaan layar sentuh 3-inci yang dapat diputar di bagian belakang tetap dipertahankan. Tapi resolusinya telah meningkat menjadi 920.000 titik, jauh di atas resolusi LCD G3 yang hanya 460.000 titik. Untuk sistem autofokusnya, Panasonic Lumix DMC-G5 masih mengandalkan sistem Contrast AF yang dimiliki kamera Panasonic Lumix G-series lainnya. Sistem tersebut menawarkan kinerja auto fokus yang lebih cepat dan akurat serta mendukung fitur fokus dengan sentuhan jari pada layar sentuhnya.

Di seri terbaru ini Panasonic menghadirkan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) dan MNR (Multi Noise Reduction) yang akan mengoptimalkan pemrosesan area gelap dan terang pada gambar dengan lebih sempurna. Dikatakan juga, bahwa teknologi tersebut juga akan mampu mengurangi tingkat noise meski menggunakan ISO tinggi di kondisi minim cahaya. Tidak hanya itu, G5 dilengkapi fitur HDR terbaru yang berguna untuk mengambil gambar pada beberapa tingkat eksposur berbeda untuk menghasilkan satu foto HDR yang sempurna.

svg%3E

Untuk membantu Anda mengambil foto di kondisi minim cahaya, terdapat flash internal di bagian atasnya. Antarmuka menu kamera ini juga telah diperbaharui agar lebih mudah diakses dan digunakan oleh pengguna awam. Selain itu, terdapat fitur kreatif yang lebih lengkap mulai dari soft focus, Dynamic Monochrome, Impressive Art, One Point Color, Cross Process, Low Key, Toy Effect dan Star Filter – di luar efek filter yang sebelumnya telah ada seperti Retro, High Key, Sepia, Hi Dynamic dan Miniature Effect. Bagi para pemula yang awam dengan fotografi, Panasonic melengkapi Panasonic Lumix DMC-G5 dengan fitur Scene Guide yang berisi 23 contoh foto karya fotografer profesional untuk memberi panduan bagaimana mengambil foto yang baik dan benar.

Panasonic Lumix DMC-G5 tersedia dalam 3 pilihan warna, hitam, putih dan silver dan akan dipasarkan di kisaran harga US$799. Sementara belum ada kabar kapan kamera ini akan hadir di Indonesia.

svg%3E

Bersamaan dengan dirilisnya Panasonic Lumix DMC-G5, Panasonic juga memperkenalkan lensa telezoom terbaru untuk kamera MFT miliknya yaitu LUMIX G VARIO 45-150 mm/F4.0-5.6 ASPH./MEGA O.I.S. Lensa berbahan metal ini terdiri dari 12 elemen lensa dalam 9 grup, yang membuatnya kemampuannya setara dengan lensa 90-300mm pada kamera 35mm. Untuk menghindarinya dari efek pantulan cahaya dan blur, bagian lensanya ini juga telah dilapisi oleh lapisan multicoated. LUMIX G VARIO 45-150 mm/F4.0-5.6 ASPH./MEGA O.I.S hadir dalam pilihan warna hitam dan silver dengan banderol harga yang masih belum dipublikasikan.