Sony XQD S Series: Generasi Kedua Dengan Kecepatan Menulis 168MB/s

svg%3E

Adu kecepatan membaca dan menulis pada sebuah kartu memori membuat setiap produsen selalu ingin menjadi yang tercepat. Seperti Sony misalnya yang baru saja mengumumkan inovasi kartu memori XQD generasi keduanya yang berhasil mencatat rekor kecepatan menulis 168MB/s.

Rekor kecepatan menulis kartu memori XQD generasi kedua yang diberi nama S-Series ini berhasil menumbangkan prestasi generasi memori XQD generasi pertama dengan kecepatan menulis 125MB/s. Untuk merasakan performa kartu memori ini yang sesungguhnya, Sony merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan konektivitas Thunderbolt pada PC atau Mac, yang lebih cepat dibandingkan USB 3.0.

svg%3E

Dengan kecepatannya ini, kartu memori XQD ideal digunakan para fotografer olahraga atau videografer. Sony berharap, XQD nantinya akan menjadi sebuah standar baru untuk memenuhi kebutuhan kamera DSLR yang menghasilkan data semakin besar dan memiliki kecepatan semakin tinggi.

Sejarah kartu memori XQD sendiri dipelopori oleh SanDisk, Sony dan Nikon. Tapi pada akhirnya, hanya Sony yang mengembangkan dan memproduksinya. Kartu memori ini pada awalnya hadir sebagai alternatif lain kartu memori bermodel CompactFlash yang sampai sekarang masih digunakan kamera DSLR kelas profesional. Satu-satunya kamera DSLR yang mendukung kartu memori format XQD sekarang hanyalah Nikon D4. Jadi bagi Anda para pengguna Nikon D4, bersiaplah menabung untuk memiliki kartu memori super cepat yang akan segera beredar dipasaran ini.

Sony XQD S Series akan tersedia dalam pilihan kapasitas 64GB dan 32GB. Untuk yang kapasitas 64GB akan segera dirilis secara global mulai bulan ini dengan harga sekitar US$ 754. Sedangkan yang versi 32GB baru akan tersedia pada bulan September atau Oktober 2012 dengan harga sekitar US$ 503.

Verified by MonsterInsights