Aksesoris KomputerKomputerNews

Gigabyte Aivia Xenon: Mouse Hybrid Dengan Dua Fungsi

gigabyte aivia xenon 3
Tiga tahun lalu, tepatnya bulan Oktober 2009, Apple mengeluarkan inovasi mutakhir bernama Apple Magic Mouse sebagai penerus Apple Mighty Mouse. Untuk pertama kalinya mereka menggabungkan fungsi touchpad dengan mouse nirkabel biasa sehingga tercipta sebuah alat kendali yang baru. Namun kini Gigabyte melangkah setahap lebih maju dengan mengeluarkan Aivia Xenon yang memiliki fungsi dual-mode touchpad.

Gigabyte mengklaim bahwa, mouse laser dengan resolusi 1000dpi berbentuk seperti kepala ular ini merupakan pertama di dunia yang memiliki teknologi semacam ini. Walau mouse dengan permukaan sentuh sudah lama beredar, namun memang teknologi dual-mode yang ditawarkan Gigabyte cukup unik.
gigabyte aivia xenon 2
Aivia Xenon memiliki sebuah tombol untuk mengganti mode dari fungsi mouse ke fungsi touchpad. Pada mode mouse, lampu indikatornya akan mengeluarkan warna biru dan seketika itu akan mengubah sebagian besarpermukaan mouse menjadi klik “kiri”. Di sisi kanan terdapat sebuah tombol untuk klik “kanan” dan satu tombol lagi untuk free-scrolling yang akan membatasi permukaan untuk fungsi scrolling.

gigabyte aivia xenon 1
Ketika diubah ke mode touchpad, lampu LED Xenon akan berubah menjadi warna ungu dan membagi permukaan sentuhnya menjadi dua bagian. Melihat situs resminya, Gigabyte menyarankan untuk menggunakan Aivia Xenon di mode ini secara horizontal. Seperti yang dapat dilihat di gambar, permukaan sentuhnya terlihat seperti touchpad biasa pada notebook, dengan bagian kanan untuk scrolling. Namun di mode ini, Gigabyte menambahkan fungsi Aivia Painter yang terletak pada tombol yang sama dengan free-scrolling.

Aivia Painter adalah sebuah software yang memampukan pengguna untuk menggambar di atas aplikasi apapun yang terbuka. Misalnya, saat sedang presentasi dengan PowerPoint, pengguna bisa melingkari bagian penting tanpa harus mengeditnya terlebih dahulu. Cukup tekan tombol khususnya dan menu antarmuka untuk menggambar Aivia Painter akan tersedia.

gigabyte aivia xenon 4
Permukaan Aivia Xenon juga telah mendukung multi-touch gesture control yang dapat dikustomisasi melalui software bawaannya. Sayangnya Aivia Xenon yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows 98, 2000, ME, XP 32-bit, Vista, serta Windows 7 ini belum dikabarkan harga dan ketersediaannya.

Back to top button