Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Surface: Tablet Windows 8 Pertama Buatan Microsoft

microsoft surface

Ini mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja sama. Orang ingin bekerja dan bersenang-senang.

Begitulah yang disampaikan oleh Steve Ballmer, CEO Microsoft, di Milk Studios, Los Angeles, AS, sehubungan dengan diluncurkannya 2 varian tablet Microsoft Surface. Inovasi langsung terlihat dari bahan VaporMg yang digunakan Surface. VaporgMg adalah julukan Microsoft untuk bahan magnesium Surface yang kuat sekaligus ringan. Untuk pelindung layar, lapisan kaca Gorilla Glass 2 menjadi andalan.

surface black

Surface yang artinya “permukaan” ini lebih dahulu diperkenalkan pada khalayak sekitar 4 tahun lalu sebagai sebuah komputer meja dalam arti sesungguhnya, dengan ukuran layar 30 inci. Namun, Microsoft akhirnya mempergunakan nama tersebut untuk tablet PC perdana besutan mereka yang menggunakan basis ARM dan OS Windows RT, serta Windows 8 Pro yang berbasis prosesor Intel Core generasi ketiga atau Ivy Bridge. Desainnya termasuk manis dan minimalis, dengan adanya kickstand (penyangga) yang dapat terlipat di bagian belakang. Sentuhan desain pintar ini amat membantu saat Anda mengetik, video chatting atau menonton video.

surface side

Surface Windows RT memiliki layar resolusi HD 1366×768 piksel dengan prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core. Secara dimensi, tablet ini memiliki ketebalan hanya 9.3mm dan berbobot 675 gram. Fitur standar seperti WiFi, slot microSDXC, port USB 2.0 dan 2×2 MIMO antennae dapat ditemukan di sini. Sementara untuk media penyimpanan, ada 2 kapasitas yang ditawarkan yakni 32GB dan 64GB.

surface back

Sementara Surface dengan OS Windows 8 Pro rencananya akan menggunakan prosesor Intel Ivy Bridge yang juga digunakan di laptop. Ini menjadikan ukurannya sedikit lebih tebal & berat yakni dengan ketebalan 13,5mm serta bobot 903 gram. Beberapa fitur yang dimilikinya juga sama dengan versi RT, kecuali adanya tambahan port USB 3.0 serta Mini DisplayPort. Layarnya juga sudah Full HD 1080p. Versi Pro ini juga menawarkan pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yaitu 64GB dan 128GB.

Kedua tablet ini juga dibekali dua aksesoris yang mendukung Anda dalam mengetik dokumen panjang maupun email. Yang pertama, tersedia Touch Cover setebal 3mm yang berfungsi sebagai cover dan sekaligus keyboard touch-sensitive. Selanjutnya, ada Type Cover yang sedikit lebih tebal (5mm) tapi sudah memiliki tombol keyboard fisik untuk membantu Anda mengetik lebih cepat. Type Cover juga berfungsi sebagai penutup layar seperti Touch Cover.

surface

Belum ada informasi mengenai harganya. Gosip awal, Microsoft mengatakan bahwa versi Pro akan setara dengan Ultrabook yang ada di pasaran. Ini tentunya lebih mahal dibandingkan dari iPad versi teratas sekalipun. Tapi sepertinya Microsoft akan mengarahkan Tablet Windows 8 sebagai produk yang lebih premium dengan argumen bahwa fungsionalitas dan spesifikasi yang ditawarkan jauh lebih baik.

Kami belum bisa berkomentar lebih jauh untuk produknya, mengingat kami juga belum melihat atau memegang Surface secara langsung. Tapi sepertinya pengalaman yang diberikan oleh Surface akan berbeda dibandingkan iPad atau tablet Android. Dilihat dari konsep, desain dan spesifikasinya , Microsoft Surface merupakan pesaing yang paling berpotensi mengungguli Apple iPad. Setuju?

Back to top button