[Computex 2012]Acer Iconia W700 & W510: Paduan Tablet dan Laptop yang Seimbang

svg%3E
Melengkapi rangkaian produk bersistem operasi Windows 8 di ajang Computex 2012, Acer menghadirkan duo tablet terbaru yakni Iconia Tab W510 dan W700. Acer tampaknya lebih agresif menggempur pasar tablet dengan menanamkan inovasi-inovasi baru ke dalam dua seri Iconia terbaru mereka.

svg%3E
ICONIA W510
ICONIA W510 hadir dengan layar IPS berukuran 10,1-inci yang sama dengan pendahulunya, ICONIA W501. Namun kali ini Acer melangkah lebih jauh dengan menyematkan tiga mode pengoperasian layar sentuh yang berbeda. Acer menyebutnya sebagai tri-mode, pengguna diberikan pengalaman yang lebih baik saat mengetik, melihat tampilan layar dan menggunakan layar sentuh.

Untuk mendukung produktivitas, ICONIA W510 ini dilengkapi sebuah keyboard dock yang juga akan menambah daya tahan baterainya hingga 18 jam. Saat terpasang di keyboard dock, W510 dapat diputar ke belakang hingga 295 derajat atau yang disebut Acer sebagai presentation mode. Dalam posisi ini, pengguna akan lebih nyaman saat menonton video, browsing di internet atau saat melihat presntasi PowerPoint.

Untuk menghubungkannya dengan perangkat lain, Acer menyematkan slot HDMI, micro-USB, microSD, sebuah slot SIM card (untuk model 3G) dan port USB 2.0 di samping keyboard dock.

svg%3E
Acer W700
Acer mengambil langkah yang berani dengan membuat layar berukuran 11,6-inci untuk Acer W700 ini – ukuran yang besar sama seperti layar netbook. Namun hebatnya, layar besar tersebut memiliki resolusi 1920 x 1080 layaknya notebook multimedia kelas premium.

svg%3E

Uniknya, W700 ini ditemani sebuah dock multiguna yang memiliki bentuk seperti bingkai. Saat menggunakannya dalam posisi landscape, tablet dapat dimiringkan hingga sudut 70 derajat ataupun 20 derajat. Dengan begitu pengguna dapat memilih posisi yang paling nyaman untuk menunjang aktivitasnya. W700 juga dapat diubah menjadi posisi portrait untuk memberikan tampilan yang lebih baik saat browsing ataupun membaca ebook.

Dengan dock tersebut, Acer menyebutkan bahwa daya tahan baterainya akan bertambah sekitar 8 jam, memberikan 3 port USB 3.0 tambahan serta fitur Dolby Home Theater. Karena dock tersebut hanya menjadi penyangga tablet, pengguna harus membeli keyboard Bluetooth tambahan.

Di luar dock tersebut, unit W700 juga dilengkapi banyak konektivitas, meliputi port Thunderbolt, micro HDMI, USB 3.0, dan headphone jack. Untuk merekam momen, Acer menyematkan sebuah kamera 5MP berfitur autofocus di bagian belakangnya, serta kamera depan untuk melakukan panggilan video.

Sama seperti produk-produk Acer yang diluncurkan di Computex 2012 ini, spesifikasi lengkap serta harga kedua tablet di atas ini masih belum diinformasikan. Namun dapat diperkirakan bahwa W510 serta W700 ini akan mulai dipasarkan akhir tahun 2012.

UPDATE: Rencananya ICONIA W510 akan menggunakan prosesor Intel Atom Medfield terbaru, sementara W700 dibekali prosesor Ivy Bridge.