Tips Aplikasi: Menemukan Lokasi Device Android “Setelah” Hilang

svg%3E

Saya memiliki beberapa smartphone dan tablet Android, namun tak satu pun yang saya instal aplikasi penemu lokasi jika saja perangkat-perangkat ini hilang. Malas? Bisa jadi, padahal mudah dan simpel. Namun, jika Anda sama seperti saya dan mengalami kejadian yang tak diinginkan tersebut sebelum sempat memasang aplikasi keamanan, masih ada harapan perangkat Anda tersebut dapat ditemukan. Bagaimana caranya?

Anggap saja memasang aplikasi keamanan penemu lokasi kita sebut dengan “Plan A”, dan kita telah melewatkannya. Jadi, kita harus memiliki “Plan B”. Kunjungi Play Store Google dari PC Anda, lalu ketikkan “plan b” di kotak pencarian.

Ketemu? Nah, pilih perangkat Android Anda yang hilang dan klik opsi Install. Berhubung saya seorang reviewer, maka perangkat yang terdaftar cukup banyak untuk satu akun email Google saya saja. Dalam pengujian ini, saya memilih HTC Evo 3D.

Dalam kondisi ini, berdoalah smartphone Anda yang hilang tidak dalam kondisi mati, di luar jangkauan atau kehabisan pulsa dan paket data untuk dapat mengunduh Plan B. Setelah Google selesai mengirimnya ke perangkat Anda, maka aplikasi Plan B ini akan langsung aktif. Segera setelah terdeteksi, Plan B akan mengirimkan email berisi info lokasi terkini keberadaan ponsel atau tablet yang hilang tersebut, lengkap dengan foto peta dan jarak.

Hebatnya, walaupun Anda menon-aktifkan GPS untuk menghemat penggunaan baterai sebelum ponsel hilang, Plan B dapat mengaktifkannya kembali secara otomatis. Untuk mengetahui keberadaan si ponsel malang, cukup kirim SMS ke nomor Anda dengan mengisi teks LOCATE, maka Plan B kembali akan mengirimkan email yang menginformasikan lokasi ponsel. Tapi cara ini hanya efektif jika pencuri tidak mengganti kartu SIM di dalam ponsel.

svg%3E

Jika Anda tertarik, silakan sedia payung sebelum hujan dengan menginstal Plan B dari Play Store. Namun perlu diperhatikan, jika orang yang menemukan ponsel Anda tahu bagaimana cara menghapus seluruh data (Factory Data Reset) pada perangkat tersebut, maka kesempatan untuk memaksimalkan Plan B hilang sudah. Karena itu, sebelum benar-benar hilang, proteksi perangkat Anda secara manual. Langkahnya bisa Anda cek di artikel ini bagian Mengamankan Perangkat.

Verified by MonsterInsights