VIA AMOS-3002: Komputer Mungil untuk Hiburan dalam Mobil

svg%3E
Perlombaan untuk menciptakan komputer yang lebih ringkas memacu VIA Technologies untuk merilis AMOS-3002. PC dengan ukuran Pico-ITX ini dirancang khusus untuk menyajikan hiburan multimedia yang hebat di dalam mobil.

Sebagian dari Anda mungkin merasa kurang familiar dengan nama VIA. Maka dari itu, saya akan mencoba untuk menjelaskan sejarahnya secara singkat.

Berdiri pada tahun 1987, VIA Technologies adalah sebuah perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang IT. Namun pada tahun 1992, mereka memindahkan kantor pusatnya ke Taipei dan membentuk VIA Group yang kemudian diikuti oleh HTC. Sejak saat itu mereka mulai mengembangkan beragam produk yang salah satunya adalah seri AMOS ini.

Lalu apa rahasia di balik ukuran mungilnya? AMOS-3002 ini memiliki prosesor dual core berkecepatan 1GHz bernama Eden X2 yang dikombinasikan dengan chipset terbaru besutan VIA, yakni VX900H MSP. Hebatnya, sistem tersebut dapat berjalan lancar tanpa menggunakan kipas pendingin sekalipun, sehingga bentuknya dapat dibuat lebih ringkas. Prosesor tersebut juga memampukan komputer berukuran 197 x 104 x 49mm ini untuk memutar konten-konten MPEG-2, WMV9 dan H.264 dengan resolusi 1080p tanpa hambatan.

AMOS-3002 ini dilengkapi dengan beragam konektivitas mulai dari port VGA, HDMI, port Gigabit LAN, enam port USB 2.0, dua port COM, line-in/out, dan port DIO. Selain itu AMOS-3002 ini juga dapat ditambahkan perangkat yang mendukung Wi-Fi dan 3G melalui slot MiniPCIe. Untuk penyimpanannya, VIA menyertakan slot hard disk berukuran 2.5-inci. Walaupun ukurannya mungil, PC ini memiliki ketahanan yang cukup hebat. AMOS-3200 dapat berfungsi normal dalam kondisi suhu -20 derajat Celsius hingga 60 derajat celcius serta tahan terhadap guncangan hingga 50G.

Sayangnya kita harus menunggu para perusahaan otomotif mengaplikasikannya di mobil-mobil mereka sebelum bisa mencicipinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai AMOS-3200, kunjungi saja situs resmi VIA Technologies melalui link ini.

Verified by MonsterInsights