Acer Aspire M5: Ultrabook dengan Grafis Nvidia Kepler

Pada acara Consumer Electronic Show bulan Januari lalu, Acer memperkenalkan seri Timeline Ultra, atau yang akhirnya dijuluki Aspire M3. Komputer ultraportable tersebut cukup mengejutkan para pengunjung dengan performa grafisnya yang tinggi berkat penyertaan kartu grafis Nvidia. Kini Acer mengumumkan anggota terbaru di jajaran M Series tersebut dengan Acer Aspire M5 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

svg%3E

Dirilis dalam dua ukuran layar, 14-inci dan 15-inci, Aspire M5 ini dilengkapi prosesor terbaru Intel Core Ivy Bridge terbaru. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan Aspire M3 dengan ketebalan sekitar 20mm serta permukaan yang berbahan silver metalik. Namun, Acer merancang bezel Aspire M5 ini lebih tipis dari Aspire M3, serta menyematkan sebuah keyboard backlit bergaya chiclet. Khusus untuk Aspire M5 15-inci, Acer menambahkan sebuah optical drive yang tipis serta tambahan numpad.

Untuk chip grafis, Acer Aspire M5 masih menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GT 640M yang sama seperti Aspire M3. Performa kartu grafis berbasis Kepler ini di atas kertas sudah memadai untuk menjalankan aplikasi grafis ringan atau memainkan game terkini. Di sektor media penyimpanan, Aspire M3 menawarkan pilihan untuk menggunakan SSD yang berkecepatan tinggi.

Berbicara mengenai kecepatan di luar prosesor dan grafis, Acer juga melengkapi Aspire M5 dengan teknologi canggih seperti Acer Green Instant-On dan Acer Instant Connect, yang lebih dulu diperkenalkan oleh Aspire S3. Fitur Acer Green Instant-On ini akan mempercepat waktu menyala kembali (resume) dari Mode Sleep hingga 1,5 detik, sedangkan Acer Instant Connect akan membuat notebook tersambung ke Internet dalam waktu 2,5 detik saja.

Ultrabook M Series memang dirancang sebagai penerus dari keluarga Timeline. Itu sebabnya Aspire M5 ini memiliki karakter khusus seri Timeline, yakni daya tahan baterai hingga 8 jam saat digunakan.

Sampai saat ini Acer masih belum mengumumkan harga dan spesifikasi Acer Aspire M5 secara detil. Namun mereka mengatakan akan merilisnya di Inggris pertengahan Juni ini. Bagaimana dengan Indonesia? Walau pihak Acer Indonesia belum membocorkan apa-apa, saya memprediksi bahwa Ultrabook tangguh ini akan muncul sekitar akhir Juni atau Juli ini. Yah, semoga saja prediksi saya ini tepat ya!

Verified by MonsterInsights