Lenovo ThinkPad X1 Carbon: Ultrabook 14 Inci Tertipis Untuk Bisnis

Mengikuti jajaran notebook Lenovo yang menggunakan prosesor Intel terbaru, seri ThinkPad X-Series juga mendapat gilirannya. Sebagai salah satu notebook papan atas Lenovo, X1 mendapat peningkatan yang lebih dari sekedar prosesor baru. Dengan julukan X1 Carbon, notebook ultraportable ini memiliki desain berbahan Carbon Fiber yang lebih ringan dan kuat dari sebelumnya.

x1-carbon-4

ThinkPad X1 sebelumnya dilengkapi layar berukuran 13.3 inci. Namun Lenovo memutuskan ntuk mengubah ukuran layarnya di X1 Carbon menjadi 14 inci. Hebatnya, walau bertambah lebih besar, ThinkPad X1 Carbon kini lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan X1 versi 13 inci terdahulu. Ketebalannya hanya 18mm di bagian paling tebal, dengan bobot ringan yang hanya sekitar 1,3 kg. Pencapaian ini dimungkinkan berkat penggunaan bahan serat karbon yang memang terkenal ringan tapi kuat (dan mahal).

Spesifikasi layar juga mengalami peningkatan. Lenovo mendongkrak resolusi layarnya dari 1366 x 768 piksel menjadi 1600 x 900 piksel dengan tingkat kecerahan (brightness) hingga 300 nits. Seperti ThinkPad L-Series, X1 Carbon juga dilengkapi keyboard bergaya chiclet dengan fitur spill-resistant dan lampu backlit. Keputusan ini cukup unik mengingat desain keyboard lama ThinkPad amat digandrungi pengguna setia ThinkPad berkat kenyamanannya. Untuk sebuah Ultrabook, X1 Carbon memiliki konektivitas yang lumayan lengkap. Anda akan menemukan dua port USB 3.0 dan USB 2.0, sebuah Mini displayPort, port headphone, dan slot SD card. Lenovo juga menyematkan sebuah webcam dengan resolusi HD 720p serta sebuah pembaca sidik jari untuk keamanan.

Sayangnya saat Lenovo mengumumkan jajaran-jajaran notebook berprosesor Ivy Bridge, termasuk X1 Carbon terbaru ini, mereka tidak menyebutkan secara lengkap mengenai detail spesifikasinya. Kami juga belum mendapat informasi mengenai seri prosesor dan kartu grafis yang digunakan. Selain spesifikasi, informasi mengenai harga dan tanggal rilis resminya masih dirahasiakan. Tapi menilik harga X1 versi Sandy Bridge, tampaknya X1 Carbon ini akan dijual lebih dari US$2000 atau sekitar Rp 20 jutaan. Berminat?

Verified by MonsterInsights