Instagram: Jejaring Sosial Berbasis Foto, Hadir untuk Android

“Ini sangat penting bagi kami, namun kami hanya 6 orang. Android menjadi prioritas utama kami. Namun yang pertama harus kami lakukan adalah membangun tim dan menentukan orang terbaik di dunia untuk bekerja dalam proyek ini.” – Kevin Systrom, CEO Instagram

svg%3E

Dahulu di artikel ini, kami sempat memprediksikan kehadiran aplikasi jejaring sosial berbasis foto yang sangat populer di iOS, Instagram, di pasar Android. Dan, awal bulan ini, hal itu akhirnya terwujud.

Dengan Instagram, Anda bisa menjadikan foto-foto sederhana menjadi unik, klasik dan lebih menarik dengan menggunakan berbagai filter yang ada. Setelah itu, Anda pun bisa membagikannya ke berbagai jejaring sosial atau ke jaringan pengguna Instagram.

Nama instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini: instant-telegram. Kata “insta” berasal dari kata “instant”, dan “gram” berasal dari kata “telegram”. Instan mengacu pada kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”, di mana dengan aplikasi ini Anda juga dapat menampilkan foto-foto secara instan. Sedangkan cara kerja telegram yang dapat mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat bertautan dengan kemampuan Instagram yang dapat mengunggah foto secara cepat memanfaatkan jaringan internet.

Setelah mengunduhnya, Anda dapat melakukan pendaftaran (sign up) atau masuk log (log in) jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun Instagram. Lalu, Anda akan diberikan opsi untuk menambahkan teman yang bisa diperoleh dari daftar kontak, Tumblr, Foursquare, Facebook, atau twitter – sedangkan Flickr menyusul. Selesai, dan di halaman berikutnya Anda bisa melihat foto-foto yang diunggah oleh kerabat Anda tadi. Sukai, komentari, atau unggah sendiri foto Anda dengan memilih logo kamera di tengah: pilih dari koleksi di galeri Anda atau langsung ambil foto.

svg%3E

Kami mencatat ada 16 filter atau efek yang saat ini bisa digunakan. Sayangnya, ketika kami mencoba untuk mengunggah foto 3 dimensi dari HTC Evo 3D, Instagram langsung menutup dengan sendirinya. Itu berarti Instagram tidak mendukung foto 3 dimensi.

Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk pengguna lain dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan akun Instagram dari pengguna tersebut. Anda tidak hanya dapat menyebut teman-teman di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Para pengguna dapat menyinggung pengguna lainnya dengan memasukkan akun Instagram dari pengguna tersebut untuk berkomunikasi langsung dan lebih mudah.

Aplikasi yang juga mendukung pengambilan gambar dari kamera depan ini telah diunduh lebih dari 40 ribu orang dan mendapat rating di atas 4.5 hanya dalam waktu 2 hari saja dari sejak diluncurkan. Kunjungi Google Play untuk mengunduhnya, gratis.

Verified by MonsterInsights