[Teknologi] Face Recognizer Pintar; Mengenali Umur, Gender & Mood

Salah satu kelebihan dari perangkat ber-OS Android ICS adalah kemampuan dalam mengenali wajah pemilik untuk membuka kunci telepon, yang dikenal dengan nama Face Unlock. Menggunakan kamera depan, perangkat akan memindai beberapa titik dari obyek di depannya untuk menentukan apakah benar atau tidak orang di depannya tersebut pemilik resmi smartphone ini atau bukan. Masalahnya berbagai sumber menyebutkan, Anda bisa “mengakali” fitur ini dengan meletakkan foto wajah pemilik device di depan ponsel.

Nah, saat ini diperkenalkan sebuah API (Application Programming Interface) baru yang mampu mengidentifikasi lebih jauh dari apa yang sudah ada. Bayangkan: kamera dapat mengidentifikasi umur, jenis kelamin, senyuman dan bahkan mood obyek di depannya. Interface ini akan memindai beberapa faktor utama dari sebuah wajah untuk melakukan semua itu, seperti garis-garis kerutan pada kulit wajah, untuk mengestimasi umur. Meski belum tentu akurat, estimasi maksimum-minimum yang diberikan cukup mengeseankan.

Bahkan tak hanya itu, interface ini juga mampu mengenali (memindai & mengidentifikasi) foto. Semakin jelas dan tajam foto tersebut, makin tinggi tingkat akurasinya dalam menebak umur.

Chief Executive Face.com, Gil Hirsch menjelaskan,

“…kami menyediakan algoritma dengan begitu banyak data dan sistem yang dapat mengidentifikasi apa yang membuat seseorang terlihat muda atau tua.”

Jika Anda tertarik mencobanya, cukup dengan mengunjungi situs Face.com yang akan dihubungkan ke akun Facebook Anda, sehingga dapat mengenali nama teman-teman Anda berdasarkan foto saja. Atau jika Anda pengguna perangkat iOS, bisa mencoba aplikasinya yang tersedia di iTunes, gratis.

Verified by MonsterInsights