Review : Dell Inspiron N311z

Inovasi notebook saat ini tidak terbatas hanya pada fitur dan performa, tapi juga merambah sisi desain. Jika beberapa tahun yang lalu, notebook dengan harga murah identik dengan desain yang standar, kini tidak lagi. Inilah yang dilakukan oleh Dell dengan produk terbarunya, Dell Inspiron N311z, yang mengedepankan desain cantik dan stylish.

Desain
Pertama kali melihat desain dari notebook Dell Inspiron N311z, kesan pertama yang didapat adalah desain yang cantik dengan warna menawan. Begitu membuka notebook (maksimum 135 derajat), kami terkesan dengan penggunaan kombinasi dua warnanya yaitu hitam dan merah. Oh ya, notebook yang kami uji hadir dalam balutan warna merah.

Layar notebook ini hadir dalam ukuran 13.3 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Kualitas visual cukup baik dan mampu menjawab berbagai dengan kebutuhan pemakaian notebook. Ketika saya liat dari samping, visual yang diberikan oleh LCD tidak jauh berbeda dibandingkan ketika kita melihat dari sisi depan. Tepat di atas layar, nampak sebuah webcam dengan resolusi 1.0 MP yang juga mampu menangkap gambar lumayan bagus meskipun dalam kondisi remang-remang.

Tombol keyboard yang menganut desain chiclet tergolong nyaman dengan ukuran yang pas. Ini membuat kemungkinan salah pencet tombol lebih minim. Selain itu, ketika menekan tombol juga terasa empuk dengan respons yang baik. Di sebelah kanan atas keyboard, terdapat 3 tombol shortcut yang berfungsi untuk pengaturan, Dell support, dan satu lagi tombol shortcut yang dapat difungsikan sesuai keinginan kita.

Untuk menghasilkan bodi yang tipis, Dell Inspiron N311z tidak dilengkapi drive optikal. Pada sisi notebook sebelah kanan nampak 2x USB3.0 dan port headphone. Di sisi sebelah kiri nampak port HDMI dan 1x USB2.0 serta di sisi belakang hanya terdapat port LAN 10/100 Mbps dan AC adaptor untuk charge baterai. Menariknya lubang/ port pada notebook ini memiliki pelindung yang dapat dibuka-tutup sehingga tidak cepat kotor.

Fitur

Sepertinya Dell ingin menawarkan sebuah experience yang sederhana dan fungsional kepada penggunanya. Hal ini bisa dilihat pada desktop Dell yang memuat sebuah widget iklim online dari berbagai negara serta deretan shortcut yang dapat kita atur sendiri (customize).

Di notebook ini sendiri sebenarnya sudah terdapat fitur back-up dan Recovery, tapi yang menarik adalah Dell menawarkan sebuah fasilitas backup data secara online. Jadi semua driver notebook bisa didapatkan online dengan mudah. Dell juga menawarkan sebuah kemudahan dalam melakukan upload foto-foto yang ada di notebook ke Facebook atau Flickr melalui software Photo Stage. Tidak sampai di situ, bahkan Dell memberikan software yang asik untuk webcam sehingga Anda dapat berkreasi dengannya. Bahkan anda juga langsung dapat mengupload video yang anda rekam melalui webcam ke Youtube dengan sangat mudah.

Selain performa, notebook ini juga menawarkan kualitas suara yang mantap dan keras untuk kebutuhan multimedianya. Jadi anda tidak perlu kuatir akan suara yang kecil meskipun letak speaker piranti ini terletak di bagian bawah. Oleh karena itu movie dan musik tetap dapat dinikmati dengan nyaman baik dari segi visual maupun audio.

Kinerja 
Dalam hal performa, notebook yang menggunakan Windows 7 Home Premium 64 bit ini menggunakan processor Intel Core i3 – 2310M @ 2.1 GHz yang didesain untuk kebutuhan mobile. Untuk mendukung kinerja prosesor, N311z telah disuplai memori 4 GB DDR3 yang dapat ditingkatkan hingga 16 GB. Sedangkan untuk media penyimpanannya, notebook ini menggunakan harddisk berkapasitas 320 GB serta dukungan Intel HD Graphic untuk VGA. Grafis Intel HD ini bisa menjalankan multimedia HD dan game ringan dengan lancar, namun tidak direkomendasikan untuk video editing serta menjalankan game yang membutuhkan spesifikasi 3D tinggi.

Dari hasil benchmark di atas nampak jelas terlihat performa dari notebook Dell N311z dari sisi kinerja processor Intel Core i3-2310M. Sedangkan dari benchmark openGL nampak terlihat beda jauh performa Intel HD graphic dibandingkan yang menggunakan graphic card nVIDIA atau bahkan Ati Radeon. Ini menunjukkan notebook Dell N311z lebih ditujukan untuk mendukung mobilitas kerja anda dan bukan untuk bermain game, karena penggunaan kartu grafis berpengaruh kepada daya konsumsi baterai.

 

Daya Tahan Baterai
Dalam kondisi pemakaian maksimal, dalam arti segala fitur konektivitas dan penggunaan maksimum secara terus menerus, baterai notebook ini hanya mampu bertahan 1 jam 56 menit. Namun ketika saya gunakan untuk pemakaian yang irit, notebook ini dapat bertahan hingga 3 jam 46 menit pada mode power-saving.

Dell Inspiron N311z ini juga tidak terlalu berat dibawa dengan bobot sekitar 1,76 kg. Notebook ini dapat Anda jumpai di pasaran dengan harga sekitar Rp 6,8 juta.

Kelebihan:

– Desain sangat cantik dan stylish

– Bobot ringan untuk ukuran notebook 13.3 inci

– Shortcut dapat diatur pada desktop

 

Kekurangan:

– Harga relatif mahal untuk notebook Core i3 dengan spesifikasi graphics Intel

 

Spesifikasi Dell Inspiron N311z

ProcessorIntel(R) Core(TM) i3-2310M CPU @ 2.1 GHz
Operating SystemWindows 7 Home Premium 64 bit
Memori4 GB DDR3
Harddisk320 GB
LCD13.3” WLED True-Life 1366 x 768 (HD)
VGAIntel HD Graphic 3000
Webcam1.0 MP HD
Media Optic
KonektivitasWifi 802.11 b/g/n; Bluetooth v3.0+HS
AudioSRS Premium Suround
Media Input
  • 1 x AC Power-in
  • 1 x HDMI
  • 1 x network
  • 1 x USB 2.0 powershare combo
  • 2 x USB 3.0
  • 1 x headphone/microphone combo
  • 1 x Card reader 8 in 1
BateraiLi-ion Dell M0P7P15 – 6 cell rechargeable
Berat1,76 kg
Dimensi332.0 x 241.3 x 22.7 mm
HargaRp. 6.799.000,-

 

Verified by MonsterInsights