Santa Clara: Smartphone Android Pertama dengan Chip Intel Medfield

Mau tahu smartphone Android apa yang diperkuat oleh chip prosesor dari Intel untuk menunjang kinerjanya? Smartphone yang beredar pertama kali di Inggris dan Eropa itu adalah Santa Clara yang dibundling dengan operator Orange, dan menggunakan platform Intel Medfield – pertama kali di dunia.

Orange Santa Clara ini menggunakan layar 4 inci HD resolusi 600×1024 piksel dan prosesor berkekuatan 1.6GHz Intel Atom Z2460. OS yang disuntikkan memang masih Android 2.3 Gingerbread, namun Orange menjanjikan ketersediaan upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich “dalam waktu dekat”.

Kamera yang dibawanya sudah lumayan, resolusi 8MP yang mampu merekam video Full HD 1080p, serta memiliki fitur menarik yakni mode burst capture yang memungkinkan Anda memotret dengan cepat: 10 shot dalam waktu 1 detik saja!

Teknologi lain yang dibawa oleh Santa Clara adalah Near Field Communication (NFC) dan mobile wallet. Apakah “perkawinan” Android dengan Intel akan menghasilkan sesuatu yang baru dan lebih baik? Seharusnya, mengingat Intel adalah pemimpin dunia dalam hal prosesor dan chipset. Walaupun mereka cukup lambat mengantisipasi pergerakan pesaingnya seperti Quallcomm yang telah cukup lama melesat di kancah dunia smartphone, tapi Intel tetap menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. Apalagi jika ditilik keseriusan mereka untuk mengembangkan platform khusus untuk perangkat bergerak berukuran mungil seperti ponsel dan smartphone.

Jadi tunggu saja ya perkembangannya.

Verified by MonsterInsights