Review: Samsung GALAXY Tab 7.7

Mungkin sudah tidak aneh jika Anda mendengar bahwa Samsung kembali merilis sebuah tablet. Tapi ada satu hal yang cukup unik di sini. Tablet terbaru keluaran Samsung ini mengambil ukuran yang cukup unik, yakni 7.7-inci. Ini sedikit lebih besar dibandingkan beberapa tablet Samsung yang memiliki layar
7 inci dan 8,9 inci. Lalu di mana perbedaan dan keistimewaannya? Simak ulasan berikut.

Desain

Karakteristik desainnya terbilang hampir identik dengan tablet-tablet Samsung keluaran 2011. Seperti yang lain, frame hitamnya dikelilingi oleh pinggiran berbahan metal. Namun kali ini Tab 7.7 hadir dengan bagian belakang full aluminium yang terasa lebih kokoh, dan lebih berkelas.

Meneliti lebih jauh, kita akan menemukan kamera utamanya terletak di pojok kiri atas. Hati-hati jangan menutupinya saat mengambil foto ya.

Seperti kakaknya, Tab 8.9, Anda akan menemukan sebuah kamera 2 megapixel tepat di atas layarnya.

Lebih ke atas lagi tepatnya di pinggirannya, tedapat port audio jack 3.5mm untuk menyambungkan headphone atau perangkat audio lain.

Tombol power dan tombol pengatur volume suara juga ada di bagian kanan.

Dan di samping kiri, terdapat slot microSD dan slot kartu SIM. Sama seperti seri Galaxy Tab berukuran 7-inci, ia memiliki fitur telephony.

Di bagian bawah, Anda akan menemukan speaker internal, port koneksi dan mic.

Walaupun sekilas mirip dengan tablet lainnya, ternyata Tab 7.7 merupakan yang tertipis dengan ketebalan hanya 7.89mm. Dengan bahan bercampur logam untuk tutup baterainya, tablet ini juga menjadi yang paling ringan dibandingkan Galaxy Tab yang lain. Ini membuatnya sangat nyaman saat digunakan dengan satu tangan sekalipun.

Ukuran layar yang sedikit lebih besar menjadikannya sedikit lebih nyaman dibandingkan Tablet yang berukuran 7.0-inci. Tambahan 0.7-incinya cukup terasa, sehingga membaca ebook ataupun menikmati konten multimedia masih tetap memuaskan. Salah satu keunggulan tablet berukuran 7-inci lainnya adalah jarak antara huruf pada keyboard vitual lebih terjangkau dibandingkan tablet yang berukuran lebih besar.

Fitur dan Performa

Fitur utama yang ditonjolkan oleh Samsung adalah layarnya yang telah menggunakan teknologi Super AMOLED Plus. Dan perlu diakui, layarnya sanggup membuat saya terpana. Terang walaupun di bawah sinar matahari, layar Galaxy Tab 7.7 juga menyajikan warna yang hidup dan cerah. Saat dibandingkan dengan layar LCD milik Galaxy Tab 10.1 serta Super AMOLED HD milik Galaxy Note, Super AMOLED Plus Tab 7.7 ini memiliki tingkat kecerahan yang paling baik. Namun untuk ketajaman dan tingkat saturasi warna, Galaxy Note lebih baik. Ini mengingat ukuran layar Note yang lebih kecil sehingga memiliki kepadatan pixel yang lebih baik.

Penyertaan prosesor dualcore berkecepatan 1.4GHz membuatnya berjalan dengan mulus, semulus kulit bayi. Oke, mungkin itu agak sedikit berlebihan, namun kami belum menemukan aplikasi yang sanggup menundukkan prosesor terbaru tersebut. Tidak ada hambatan dalam multitasking dan semua serba responsif. Untuk lebih jelas Anda dapat melihat hasil benchmark menggunakan Quadrant di bawah ini:

Terlihat dari hasil benchmark, Galaxy Tab 7.7 ini mempunyai nilai yang lebih tinggi dari kakak-kakaknya, walau Galaxy Nexus memiliki efisiensi prosesor yang lebih tinggi.

Untuk urusan gaming, Tab 7.7 juga jagonya. Sama seperti Galaxy Tab 7.0 Plus, Tab 7.7 sudah menggunakan GPU Mali-400MP yang sudah sangat mumpuni untuk menjalankan game 3D berat sekalipun. Saya mencicipi game gratis Frontline Commando dan sangat puas dengan performanya yang dapat dikatakan tanpa cacat.

 Mutimedia dan Baterai

Beralih ke kualitas audio, Tab 7.7 ini juga memiliki dua speaker di bagian bawah seperti pendahulu-pendahulunya. Saya cukup terkejut mendengar suaranya yang keras walau ukuran speakernya sangat kecil. Selain keras, ia juga sangat jelas, terutama di bagian treble. Namun seperti kebanyakan perangkat mobile lainnya, performa bass tetap kurang memuaskan. Tentunya ini dapat diatasi dengan memasangkannya bersama headset yang berkualitas agar aktivitas menonton film dan mendengarkan musik dapat lebih mengasyikkan lagi.

Dalam hal memutar film HD, Tab 7.7 ini sanggup mengalahkan pesaing-pesaing terdekatnya. Paduan prosesor dual-core dan GPU Mali-400MP mampu memutar film HD 1080p berformat .MKV dengan ukuran sekitar 7.9GB tanpa masalah. Namun perlu dicatat, dalam pengujian ini saya menggunakan MX Video Player yang sudah dilengkapi codec untuk mendukung ARMv7. Jadi bukan video player bawaan Tab 7.7. Waktu digunakan untuk memutar video, kami bisa memutar sampai sekitar 10 jam.

Setelah seharian mengujinya, baterainya masih memiliki sisa tenaga sekitar 20%. Cukup hebat mengingat saya sudah menyiksanya dengan menonton film, browsing, bermain game seharian.

Terakhir saya membahas mengenai kameranya. Cukup disayangkan bahwa Samsung hanya menyematkan kamera beresolusi 3.15MP saja sebagai kamera utamanya, mengingat harganya yang premium. Seperti yang bisa dibayangkan, hasil foto still-nya tidak begitu istimewa. Demikian juga hasil video 720p 30fps yang didapat. Dalam kondisi terang ia cukup jelas dan tajam, namun di kondisi yang rendah cahaya banyak noise dan gangguan. Untuk melihat hasil foto dan rekaman videonya Anda dapat melihat di tab sebelah.

Hasil foto dan Kesimpulan

Samsung memang melangkah jauh dengan mengeluarkan tablet pertama yang menggunakan layar Super AMOLED Plus. Sebuah langkah yang mungkin hanya mereka yang bisa melakukannya. Secara keseluruhan, dapat dikatakan ini adalah tablet Android terbaik Samsung saat ini, dengan layar, kinerja, dan desain yang sangat superior, belum lagi fitur teleponnya. Penambahan ukuran layar yang tidak mencapai 1 inci memberikan sedikit peningkatan pada pengalaman pengguna, terutama saat browsing, baca buku, dan memutar video. Dari segi harga, Samsung Galaxy Tab 7.7 memang cukup premium dan merupakan tablet paling mahal keluaran Samsung. Selisih harga yang cukup besar dengan Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus memang menempatkan Tab 7.7 sebagai pemuncak tablet. Jika performa dan kualitas layar yang terbaik menjadi prioritas Anda, Samsung Galaxy Tab 7.7 akan menjadi pilihan yang terbaik saat ini. Tapi menilik rasio harga dan performa, kami rasa Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus menjadi pilihan yang lebih baik bagi kebanyakan konsumen.

Kelebihan:
+ Layar Super AMOLED Plus terbaik di kelasnya
+ Kinerja prosesor dualcore 1.4GHz cepat
+ Ukuran sangat pas untuk penggunaan maupun hiburan multimedia
+ Daya tahan baterai cukup panjang

Kekurangan:
– Audio standar
– Kualitas kamera utama 3.15MP pas-pasan
– Harga premium
 

Verified by MonsterInsights