Nokia Maps Suite 2.0, Peta Pintar untuk Symbian Belle

Nokia Maps Suite 2.0 merupakan layanan yang menggabungkan fungsi Nokia Maps, Nokia Drive dan Nokia Public Transport dalam sebuah aplikasi. Nokia Maps Suite 2.0 ini menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan dengan menyajikan 6 fitur di dalamnya meliputi Drive, Maps 3.0.9, My Location Widget, Places Widget, Public Transportation dan Weather. Yuuk intip lebih dalam apa saja kemampuan masing masing fitur yang ada dalam Nokia Maps Suite 2.0

Drive

Dalam Nokia Maps Suite 2.0 Anda akan disuguhkan dengan kemudahan mengakses peta dengan tampilan yang lebih besar dalam mode landscape yang jelas dilihat bahkan ketika menyetir mobil. Asyiknya kemampuan ‘Route Planner’ kembali dihadirkan dikarenakan fitur perencanaan rute perjalanan paling banyak digunakan dalam layanan Nokia Drive. Dalam fitur Drive Anda juga bisa merencanakan lebih dari satu rute perjalanan, termasuk mengedit rute yang disuguhkan (jika diperlukan dan Anda yakin karena sudah mencobanya) serta poin lokasi awal yang bisa disesuaikan. Anda bahkan bisa menyimpan rute yang telah digunakan sebagai rute favorit yang bisa dengan mudah diakses tanpa perlu merancang rute kembali dari awal.

Maps 3.09

Versi Maps paling update ini menghadirkan kemampuan yang lebih dari hanya sekedar menampilkan peta saja. Dalam Nokia Beta Labs, fitur Maps 3.09 mampu menghadirkan peta dari foto geotagging yang tersimpan dalam gallery dalam waktu singkat. Tidak hanya itu saja, dengan menekan beberapa saat pada lokasi tertentu maka Anda akan disuguhkan informasi transportasi publik menuju lokasi tersebut. Informasi lokasi tempat Anda berpijak serta berbagai informasi (restaurant, hotel, dll) yang ada di sekitarnya bisa diakses dengan cepat dari homescreen.

MyLocation Widget

Layanan ini memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah menyimpan lokasi ke favorit atau berbagi lokasi dengan teman melalui pesan singkat (SMS).

Places Widget

Layanan Places Widget terhubung dengan layanan Maps yang menghadirkan informasi penting meliputi layanan publik, restaurant populer, hotel, dll yang ada di sekitar lokasi Anda berpijak. Tap untuk melihat detail informasi lokasi tertentu lebih lanjut termasuk review dan foto terkait.

Public Transport

Tidak hanya memfasilitasi para pemilik kendaraan bermotor dan pejalan kaki saja, Nokia Maps Suite 2.0 juga sangat informastif untuk para pengguna kendaraan umum. Rute kendaraan umum yang telah tersimpan dalam layanan ini meliputi lebih dari 200 kota dengan lebih dari 40 bahasa pengantar. Informasi stasiun bis/ shelter juga diberikan agar pengguna layanan bisa memprediksi dimana dia akan turun untuk sampai di lokasi tujuan.
Sayangnya informasi kendaraan umum masih belum bisa digunakan di Jakarta, mungkin karena terlalu banyak nomor angkutannya kali yaa.

Weather

Anda bisa mengetahui informasi cuaca di 100 kota besar di seluruh dunia dalam tampilan landscape
Dalam website Nokia Betalabs, 6 fitur yang tersedia dalam layanan Nokia Maps Suite secara umum memiliki 3 kelebihan utama yang bisa diandalkan, yaitu Sekali Tap untuk infomasi yang dibutuhkan, Personalisasi dan kostumisasi Maps sesuai kebutuhan setiap individu, dan menjadikan peta sebagai sebuah ‘photo blog’.
Penasaran ingin merasakan sebuah ‘Peta Pintar’? Walaupun masih berstatus ‘beta’, layanan yang kompatibel untuk ponsel yang sudah menggunakan sistim operasi Symbian Belle ini sudah bisa didownload secara cuma-cuma dari Nokia BetaLabs. Coba aplikasinya dan berikan pengalamanmu serta saran untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.

Verified by MonsterInsights