Linpus OS: Sistem Operasi Berbasis Linux untuk Smartphone, Tablet & Laptop

Kepopuleran Linux saat ini mungkin masih kalah apabila dibandingkan dengan OS Android dari Google yang sebenarnya berbasis platform Linux. Nah, sifat Open Source Linux inilah yang membuat munculnya banyak versi Linux mulai dari Ubuntu sampai Android. Salah satu versi Linux (atau juga disebut distro) yang sebenarnya cukup menarik adalah Linpus. Sistem operasi ini sebenarnya sudah disertakan saat Acer merilis netbook pertamanya yaitu Aspire One. Seiring perkembangan jaman, Linpus kini tidak hanya terbatas hadir untuk komputer saja.

Kini Linpus memiliki beberapa versi yang mendukung berbagai perangkat mulai dari tablet, netbook dan notebook dengan prosesor x86 sampai TV. Untuk desain user interface, Linpus mengambil inspirasi dari Google Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich). Untuk versi notebook, Linpus akan menyediakan dukungan untuk perangkat keras (hardware) yang biasanya tidak akan dimasukkan pada sebuah tablet Android.

Linpus juga sudah memiliki Linpus Lite Android Edition. Di versi pengembangan terbarunya ini, Linpus OS sudah mendukung lebih banyak hardware notebook dan netbook termasuk HDMI, LAN, WiFi, Bluetooth, VGA, hingga mode sleep. Terakhir, Linpus juga dipersiapkan untuk perangkat dengan chip Medfield keluaran Intel. Kunjungi situs resmi Linpus untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai sistem operasi alternatif ini. Lihat juga video perkenalan Linpus berikut.

Verified by MonsterInsights