Amazing Nokia Lumia Developer Days: Workshop Kembangkan Aplikasi Lokal

Nokia selama ini dikenal kedekatannya dengan para pengembang aplikasi lokal. Setelah banyak berkutat di Symbian, bertepatan dengan menyambut peluncuran Nokia Lumia di Indonesia pertengahan bulan ini, Nokia Indonesia bekerja Sama dengan Microsoft Indonesia menyelenggarakan serangkaian acara bagi ekosistem pengembangan aplikasi Windows Phone melalui workshop bagi universitas, komunitas dan individu pengembang aplikasi dari berbagai tingkatan. Narenda Wicaksono, Developer Outreach Manager Nokia South East Asia dalam acara yang berlangsung di Bandung akhir pekan lalu menjelaskan hal tersebut di depan lebih dari 800 peserta.

Ekosistem aplikasi di Indonesia sangat menarik, aktif dan memiliki peluang bisnis yang besar baik bagi para pengembang aplikasi maupun pihak dari berbagai industri lainnya. Hingga saat ini Nokia Indonesia melalui Nokia Developer telah mendukung lebih dari 10 ribu pengembang aplikasi lokal yang menghasilkan lebih dari 3000 aplikasi lokal di Nokia Store dan dapat diunduh oleh pengguna Nokia di seluruh dunia. Kali ini Nokia melanjutkan usaha dan komitmen untuk terus mendukung ekosistem pengembangan aplikasi Windows Phone di Indonesia, bersama Microsoft, dengan melaksanakan serangkaian kegiatan dalam bentuk workshop, seminar dan kompetisi yang bertujuan untuk mencari pengembang berbakat untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi terbaik.”

Kegiatan pertama yang telah dilaksanakan oleh Nokia dan Microsoft adalah “The Amazing Nokia Lumia Developer Days” di Graha Manggala Siliwangi. Pada kegiatan tersebut Nokia Indonesia dan Microsoft memberikan edukasi teknis seputar pengembangan aplikasi berbasis Windows Phone, juga bagaimana cara yang efektif untuk memasarkan produknya. Selain menghadiri para pembicara yang merupakan pakar di bidangnya, kegiatan ini juga menantang para pengembang aplikasi untuk memecahkan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk membuat aplikasi berbasis Windows Phone terbanyak secara serentak dalam waktu 24 jam. Risman Adnan, Director – Developer & Platform Group Microsoft Indonesia juga memberi sambutan di acara yang dilangsungkan pada tanggal 4-5 Februari lalu tersebut.

Membina ekosistem developer dan terus memicu kreatifitas developer Indonesia untuk membuat aplikasi terbaik di atas platform Windows Phone bersama dengan Nokia, akan menjadi program utama Microsoft Indonesia. Keberhasilan sebuah platform tidak semata diukur dari jumlah aplikasi yang dibuat, melainkan dari aplikasi berkualitas yang dibuat dan kontribusi ekonomi dari ekosistem yang dibina. Bersama dengan Nokia, kami akan terus memompa kontribusi ekosistem platform kami untuk ekonomi kreatif di Indonesia”.

Delapan peserta dengan aplikasi terbaik yang memenangkan smartphone Nokia Lumia 800 adalah:
1.David Soendoro (Jakarta) dari Buzzle Technology. Aplikasi: Buzzlemall
2.Mega Denditya (Jakarta) dari UI. Aplikasi: Go Go Keto
3.Muhammad Hilman (Bandung) dari org.com, Aplikasi: The Garbager
4.Ahmad Tamimi (Jakarta) dari UIN. Aplikasi: Shelterview
5.Alif Hanif Noor (Bandung) dari ITT Telkom/Game Development Community. Aplikasi: Citizen Hero
6.Tito Daniswara (Depok) dari Radjalabs. Aplikasi: Spothemall
7.M.Dimas (Bandung), dari ITB. Aplikasi: MovieBlist
8.Karimul Makhtidi (Bogor) dari IPB. Aplikasi: Wayang Solitaire

Semua aplikasi yang berhasil dibuat dalam acara ini nantinya akan didaftarkan ke Windows Phone Marketplace. Setelah program perdana ini, Nokia dan Microsoft akan menjalankan roadshow ke tujuh Perguruan Tinggi yaitu Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Parahyangan, Universitas Gajah Mada, STMIK Akakom Yogyakarta, Universitas Kristen Petra dan STIKOM Bali. Di setiap universitas ini akan dilangsungkan workshop selama dua hari, dan akan diikuti hingga 100 mahasiswa selama bulan Februari sampai April 2012.

Pre-order Nokia Lumia 800 dan 710
Kedua smartphone Nokia berbasis Windows Phone ini sudah dapat dipesan secara pre-order online mulai hari ini hingga 16 Februari melalui situs www.nokia.co.id/lumia. Harga Nokia Lumia 800 adalah Rp 5,250,000 sedangkan Lumia 710 dilego Rp 2,9 juta. Konsumen yang memesan pada masa pre-order akan mendapatkan hadiah tambahan Nokia Purity HD Stereo Headset by Monster WH-930 (Lumia 800) atau Nokia Purity HD Stereo Headset by Monster WH-920 (Lumia 710). Keduanya juga akan mendapatkan penawaran istimewa berupa pemakaian 12 bulan XL Internet Unlimited. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keduanya, baca artikel ini.

Verified by MonsterInsights